Usia dibawah 5 tahun menjadi waktu dimana anak – anak mengalami perkembangan pada periode emasnya. Golden age period merupakan proses anak dimana perkembangan otak hingga 80% dan hanya terjadi satu kali selama seumur hidup.

Pembinaan yang tepat menjadi hal yang sangat disarankan untuk dapat memperoleh perkembangan baik secara mental, emosional, intelektual, sosial, dan juga moral. Dengan demikian, anak akan mempunyai sikap serta pola perilaku seseorang di kemudian hari.

Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Media atau cara yang bisa digunakan untuk merangsang perkembangan anak yakni dengan mengajaknya bermain. Bermain memang bukan lah hal yang baru bagi bayi. Bermain adalah naluri yang telah melekat pada diri anak sejak bayi. Saat itu bayi telah dapat memainkan tangan dan jemari kaki, berbagai benda di sekitarnya, tertarik dengan gerakan mainan yang digantung di atas atau menampilkan cahaya, memasukan benda ke dalam mulutnya, dan juga menirukan suara.

Mendidik Anak Dengan mainan

Mainan yang diberikan kepada anak ialah hiburan yang menyenangkan dan disukai oleh anak. Namun, orang tua tetap berperan untuk mengarahkan sehingga permainan bisa dilakukan dengan lebih optimal. Permainan dapat menjadi penghilang rasa bosan dan lelah bagi anak. Mainan yang menarik bagi anak dapat dilihat dari warna serta dapat mengeluarkan bunyi yang membuat ia semakin tertarik. Orang tua nantinya akan berperan dalam memilih mainan untuk perkembangan anak. Mainan tidak hanya digunakan untuk hiburan saja, namun mempunyai fungsi edukasi sehingga dapat memberikan dalam mendidik anak agar perkembangannya dapat menjadi optimal.

Mainan Edukatif

Untuk mendukung stimulasi, maka Anda dapat mengenalkan anak dengan berbagai mainan edukatif. Mainan edukatif mampu merangsang daya pikir serta kemampuan anak. Sehingga anak dapat mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah serta lebih kosentrasi.

Mainan yang bersifat edukatif mampu membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal. Terlebih lagi pada usia balita yang memerlukan rangsangan motorik dalam perkembangannya. Mainan edukatif memiliki ragam dan variasi dengan bentuk serta warna yang dapat dipilih sesuai dengan kesukaan anak Anda.

Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Berikut ini merupakan manfaat dari permainan anak – anak untuk perekembangan dan pertumbuhan anak-anak :

  • Pada aspek tubuh, anak mempunyai fisik yang terlatih karena gerakan tubuh yang sehat dan otot yang menjadi kuat.
  • Pada aspek motorik halus dan kasar, anak akan menciptakan gerakan serta kordinasi antara mata, tangan, dan kaki yang baik.
  • Permainan dapat menjadi salah satu cara untuk melepas ketegangan bagi anak dan membuat perasaannya menjadi lebih tenang.
  • Anak dapat memahami diri sendiri dengan menentukan pilihan yang sedang dimainkan. Anak juga dapat belajar untuk memilih di mana dan dengan siapa ia bermain.
  • Anak dapat mengembangkan rasa kepercayaan dirinya dengan mengembangkan fisik, sosial, keterampilan, serta dan intelektual.
  • Membantu dalam perkembangan mental anak.
  • Anak dapat berimajinasi dan mengeluarkan ide yang tersimpan di dalam diri anak.
  • Dapat meningkatkan daya kreativitas serta membebaskan anak dari stres.
  • Anak dapat mengembangkan rasa sosialisasi.
  • Anak mampu menganalisa permasalahan di lingkungan sekitar.
  • Permainan menjadi standar moral.
  • Mampu mengembangkan otak kanan anak.

Baca juga:
Tips Mendidik Agar Anak Mandiri


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *