Perkembangan bayi akan semakin meningkat dalam hal kemampuan motoriknya ketika memasuki usia 10 hingga 12 bulan. Hal yang terpenting untuk dilakukan ketika motorik bayi sedang berkembang, ialah dengan memberikan stimulasi sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat berjalan optimal. Hal inilah yang seringkali terlupakan oleh orang tua.

Permainan Bayi Usia 10-12 Bulan

Pada bayi berusia 10 hingga 12 bulan, permainan mempunyai manfaat untuk dapat mengoptimalkan kemampuan anak yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya.

Beberapa jenis permainan bayi usia 10 hingga 12 bulan yang sangat baik untuk perekembangannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengajarkan Ana kata-kata yang mudah, seperti papa dan mama, kemudian mengulang-ulang hingga beberapa kali. Hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan saat Anda memperkenalkannya pada anak. Ini papa, ini mama, ini adik dan ini kakak sambil menunjuk orang yang dimaksud.
  2. Untuk menerapkan disiplin sejak dini, Anda dapat mengajarkan anak untuk merapikan mainannya. Anak juga akan senang untuk memasukan mainannya ke dalam wadah sambil Anda menemaninya dan menunjukan cara yang benar untuk melakukannya.
  3. Belajar makan sendiri bisa melatih kemampuan motorik halusnya. Anda dapat memberikan alat makan yang menarik dengan gambar tokoh yang diidolakannya. Sehingga anak dapat bermain sambil belajar.
  4. Mengajak anak untuk bermain dengan berdiri kemudian berpegangan. Permainan ini bisa dilatih sembari menyemangati anak untuk belajar berdiri dan juga berjalan.
  5. Anda dapat membacakan buku dongeng dengan cerita berbagai tokoh di dalamnya dan membiarkannya untuk mengetahui serta menunjukkan tokoh favoritnya.
  6. Memperlihatkan berbagai bentuk kubus yang berwarna warni, sehingga mampu dikenali oleh anak anda.

Dengan demikian, orang tua memiliki peranan yang penting untuk mengajak anak dalam bermain baik, dengan menggunakan media, maupun permainan sederhana tanpa media atau alat. Hal ini dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Permainan juga dapat memberikan stimulasi sesuai dengan usia perkembangan pada anak Anda. Petumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak dapat mempersiapkan kualitas sumber daya manusia yang nantinya bisa lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *