Ada konsekuensi emosional dan perilaku karena stres yang dapat membuat Anda sulit melakukan rutinitas harian Anda. Termasuk di antaranya mengalami kecemasan, depresi, kelelahan, menjadi agresif, tidak termotivasi, atau menarik diri, dan kesulitan dalam memecahkan masalah dan konsentrasi. Ada juga konsekuensi fisiologis dari stres termasuk sakit kepala, mual, dan jantung berdebar.

Tips Menghindari Stress

Jadi, bagaimana Anda bisa menghindari stress dan meredakan konsekuensi sosial, emosional, dan fisik negatif dalam prosesnya?

Berikut beberapa tipsnya:

1. Jaga diri Anda.

Anda dapat menjaga diri Anda dengan menghindari obat-obatan dan alkohol karena dapat menambah stres. Makan makanan yang seimbang, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur.

2. Lakukan relaksasi diri.

Cobalah relaksasi otot, latihan pernapasan atau meditasi, doa, yoga, atau berenang untuk mengurangi stres. Habiskan waktu dengan alam atau dengarkan musik yang tenang.

3. Beristirahatlah jika diperlukan.

Jangan terlalu memforsirkan tenaga dan pikiran, Istirahatkan tubuh Anda ketika terasa lelah. Terutama di tempat kerja, istirahat dapat membantu Anda mengatur ulang dan memberi energi kembali pada pikiran dan fokus Anda. Ini akan membantu Anda melakukan pekerjaan Anda dan mempertahankan produktivitas.

4. Cari dukungan sosial.

Pasangan, anggota keluarga, teman, konselor, dokter, atau pemuka agama yang Anda kenal dapat membantu meringankan beban mental Anda. Mereka dapat dijadikan dukungan sosial ketika Anda membutuhkan

5. Terhubung dengan orang lain secara sosial.

Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama mereka dapat membantu mengurangi stres.

6. Jaga rutinitas normal

Bangunlah pagi hari dan pergi tidur di malam hari setiap hari pada waktu yang sama, dan tetap menjaga pola makan yang sehat.

7. Berikan kembali kepada orang lain.

Terkadang menyalurkan energi Anda untuk memberi – seperti melakukan pengabdian masyarakat atau membantu tetangga atau teman – dapat menyalurkan energi Anda dengan cara yang positif.

Demikian tips menghindari stress yang dapat Anda terapkan di kehidupan Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat

Artikel disumbangkan oleh
Joyce Wale
Asisten Senior Wakil Presiden, NYC Health + Hospitals Office of Behavioral Health


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *