Bunga bintang atau dikenal juga dengan sebutan bunga kitolod, adalah bunga yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit mata, di antaranya katarak, rabun jauh, rabun dekat, mata silinder, mata minus, mata plus, nyeri pada mata dan perih. Penggunaan bunga bintang sebagai obat mata ini terbukti aman sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal.

Bunga bintang biasanya tumbuh dan hidup di sekitar selokan, bebatuan, pinggiran sawah ataupun di daerah daerah yang lembab. Bunga bintang merupakan jenis tanaman semak yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora.

Bunga bintang memiliki nama sebutan yang berbeda beda di berbagai daerah, seperti Ki Tolod, daun Tolod di daerah Sunda, sedangkan kebanyakan orang Jawa menyebutnya dengan nama sangkobak. Di daerah lain ada yang menyebutnya kendali, atau bunga bintang.

Tumbuhan liar ini mengeluarkan bunga tunggal berwarna putih dengan bentuk mahkota menyerupai bintang. Inilah sebabnya banyak orang menyebut bunga tanaman ini dengan nama bunga bintang.

Cara menggunakan bunga bintang untuk kesehatan mata

Cara menggunakan bunga bintang

Di era yang modern sekarang perawatan mata sangat diperhatikan mengingat intensitas mata lebih tinggi terhadap paparan sinar biru telpon genggam maupun televisi terutama pada anak-anak. Kecanduan main Hp dengan beragam aplikasi yang sangat mudah dicari membuat mereka betah memandangnya dengan waktu yang lama dan berkelanjutan mengakibatkan mata cepat perih.

Jika itu terjadi pada anda, ada baiknya anda mencoba pengobatan tradisional ini dengan memanfaatkan bunga bintang sebagai solusinya, cara meraciknya pun sangat sederhana

Cara menggunakan bunga bintang untuk kesehatan mata

Yang perlu anda siapkan cukup beberapa bunga bintang dan setengah gelas air putih bersih. Saat mengambil bunga bintang cabutlah bunga bintang sampai tangkainya, jangan sampai patah kemudian celupkan tangkai bunga bintang ke dalam air dan merendamnya kurang lebih 30mnt

Cara pemakainnya?

Ambil satu bunga bintang yang sudah direndam tadi, lalu oleskan pada kedua mata atau yang lagi sakit. Efek dari bunga bintang ini memang sangat perih tetapi anda jangan hawatir karena rasa perih itu tidak akan berlangsung lama.

Mudah bukan? Lakukanlah terapi itu sedikitnya dua hari sekali, anda akan merasakan manfaat dari bunga bintang


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *