Menidurkan anak itu adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, karena faktanya banyak orang tua yang kerap mengalami kesulitan untuk menidurkan anak

Sebenarnya kita cukup menciptakan beberapa kondisi yang dapat membuat mereka nyaman sehingga membuat anak cepat tidur. Anak yang mudah tidur juga akan memberikan cukup waktu bagi orang tuanya untuk beristirahat.

Cara Efektif Menidurkan Anak

Anda dapat menerapkan beberapa cara efektif menidurkan anak agar anda juga memiliki waktu yang dukup untuk beristirahat .

Membuat anak merasa tenang dan nyaman

Tidak semua anak akan mudah untuk tidur walaupun mereka sangat aktif pada aktifitas harian mereka. Untuk itulah, sangat penting bagi anda untuk membuat suasana yang tenang dan nyaman di lingkungan rumah anda.

Menciptakan kondisi yang tenang dan nyaman akan membuat anak mudah mengantuk dan tertidur lebih cepat. Salah satu cara yang dapat Anda terapkan untuk mewujudkan hal ini misalnya dengan menggunakan ayunan bayi, bernyanyi dengan nada yang rendah atau membaca dongeng sebelum tidur untuk anak.

Menciptakan suasana yang sepi

Setelah anak Anda merasa tenang dan nyaman, suasana yang sepi juga dapat mempercepat anak ingin tidur.

Anda dapat menciptakan suasana sepi di ruang tidur anak, termasuk di antaranya mengurang suara-suara bising di malam hari yang dapat mengganggu tidur anak.

Mematikan lampu kamar anak

Mematikan lampu kamar atau ruang tidur anak Anda, akan membuat anak lebih cepat tertidur dibandingkan dengan kondisi ruangan yang diterangi cahaya lampu.

Menurut seorang ahli psikologis klinis di Kansas, Kevin Smith, PhD, mematikan lampu kamar anak sebaiknya dilakukan sekitar 60 menit sebelum waktu tidur anak.

Hindarkan anak dari beraktifitas menggunakan alat elektroniknya, karena bisa membuat anak sulit untuk mengantuk. Misalnya televisi, bermain ponsel atau game dan semacamnya.

Anda juga dapat meredupkan lampu kamar Anda menjadi temaram, untuk membuat anak mudah untuk tidur. Anda dapat memasang saklar dimmer di kamar anak Anda, untuk mengatur pencahayaan lampu kamar anak Anda.

Dengan 3 cara efektif menidurkan anak di atas akan membantu anak lebih cepat tidur, sehingga anda pun memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktifitas lainnya atau lebih lama dalam beristirahat.

Semoga bermanfaat …

Baca juga:
Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini
16 Kesalahan Orang Tua Ketika Mendidik Anak


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *