Popok bayi telah dipakai oleh bayi sejak masa kuno. Pada jaman dahulu, popok dibuat menggunakan berbagai bahan yang ditemukan di alam seperti kulit binatang, dedaunan dan lain sebagainya. Penggunaan popok ini merupakan salah satu dari benda pertama yang membedakan manusia dengan hewan.

Pada perkembangan selanjutnya, popok dibuat dengan menggunakan kain yang mudah dipakai. Ketika pertengahan abad ke-20, popok sekali pakai mulai diperkenalkan dan terus berkembang. Kini popok sekali pakai tersebut banyak digunakan setelah mengalami berbagai perkembangan dan inovasi.

Proses pemasangan popok bayi

Popok bayi memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan popok yang tepat untuk bayi akan membuat bayi tetap merasa nyaman dan terjaga kesehatannya. Jadi pemilihan popok ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik.

Tips Memilih Popok Bayi

memilih popok bayi

Agar Anda dapat membeli popok yang tepat sesuai dengan usia bayi Anda, maka sebaiknya ketahui usia dan kebutuhan popok yang tepat. Berikut adalah tips memilih popok bayi yang tepat sesuai dengan usia bayi Anda:

Usia 0-3 bulan

Bayi yang usianya sangat dini ini, pemilihan popok harus benar-benar diperhatikan. Kulit bayi yang berusia antara 0-3 bulan masih sangat sensitif. Oleh karenanya jangan sembarangan dalam memilihkan popoknya. Pilihan paling aman untuk bayi yang berada dalam rentang usia ini adalah popok kain.

Popok kain bisa dicuci dan Anda pun bisa memilih jenis kain yang digunakan dalam pembuatannya. Anda bisa memilih kain mana yang paling cocok untuk bayi Anda. Akan tetapi bila Anda ingin membeli popok sekali pakai saja, maka Anda bisa memilih popok yang memiliki perekat di bagian pinggang. Jangan sampai Anda memilih popok yang desainnya seperti celana karena akan membuat bayi Anda tidak nyaman.

Usia 4-19 bulan

Pada rentang usia ini merupakan fase bayi ketika tumbuh kembangnya terlihat. Bayi akan semakin aktif karena masa ini ia belajar bagaimana merangkak, kemudian berdiri dan berjalan. Bayi akan mulai bermain dengan lingkungan sekitarnya. Dengan keaktivannya tersebut, pemilihan popok yang berbentuk celana sangat tepat.

Bayi akan tetap bisa bergerak aktif tanpa terganggu dengan popok yang dipakainya. Pemilihan popok pada rentang usia ini juga harus memperhatikan kandungan bahan yang digunakan. Pilih popok yang mengandung bahan yang bisa menjaga kelembapan kulit bayi.

Usia 20 bulan keatas

Pada usia ini bayi telah benar-benar aktif bergerak sehingga popok yang digunakannya pun berbeda dengan usia sebelumnya. Anda dapat memakaikan diapers sehingga anak Anda akan tetap merasa nyaman dengan memakai popok. Pilih popok bayi yang paling nyaman dikenakan oleh anak sekaligus mengajarkannya menggunakan toilet.

Hal ini untuk menghindari kelemahan penggunaan popok sekali pakai yaitu anak tidak terbiasa menggunakan toilet. Sebenarnya bukan pada penggunaan popoknya, melainkan pendidikan yang diajarkan orangtua. Meski menggunakan popok sekali pakai, anak bisa diajarkan untuk terbiasa menggunakan toilet.

Dengan memperhatikan rentang usia tersebut, Anda bisa memilih popok bayi yang cocok untuk buah hati Anda. Kini popok kain maupun popok sekali pakai dapat mudah Anda peroleh di berbagai situs belanja online. Anda tinggal memilih mana toko online yang Anda percayai dan memilih popok yang cocok untuk bayi Anda.

Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko hanya untuk membeli popok bayi. Kini di rumahpun, popok yang Anda perlukan untuk bayi Anda dapat Anda peroleh. Utamakan kenyamanan dan kesehatan bayi sehingga bayi Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *