Tanda-tanda Orang Cerdas

Seberapa pentingnya mengetahui tanda-tanda orang cerdas? Apakah Anda termasuk orang yang cerdas? Setiap orang pastinya memiliki definisi dan pemahaman yang berbeda tentang orang cerdas. Terlebih saat ini, ada bermacam jenis kecerdasan. Walaupun begitu, pastinya semua orang ingin menjadi orang yang cerdas.

Namun tahukah Anda bahwa kebanyakan orang cerdas umumnya tidak mengetahui bahwa dirinya cerdas? Untuk mempermudah dan mengetahui apakah Anda termasuk orang yang masuk golongan cerdas atau bukan, simak tanda-tanda orang cerdas berikut ini.

Tidak Selalu Mengetahui Segala Hal

Banyak orang yang menganggap bahwa orang yang cerdas mengetahui segala hal dengan sangat teliti. Mereka akan menganggap orang cerdas sebagai orang yang serba tahu akan banyak hal. Namun faktanya, hal tersebut tidak sepenuhnya dikatakan benar. Dalam sebuah riset ditemukan bahwa orang yang cerdas justru yang berani mengkritik dirinya sendiri. Mereka tidak selalu mengetahui banyak hal, dan menerima kekurangan tersebut sebagai patokan agar bisa belajar lebih giat.

Hal tersebut ditemukan pada saat sebuah lembaga meriset para siswa yang sudah selesai melaksanakan ujian. Kebanyakan siswa yang mendapatkan nilai rendah, lebih menganggap bahwa mereka telah mengerjakan maksimal dan percaya diri akan mendapatkan nilai bagus. Sementara pada orang yang cerdas, sekalipun faktanya mendapatkan nilai bagus, justru mengira bahwa nilainya tidak akan segitu karena mereka memprediksi nilainya akan buruk. Itulah orang cerdas yang sesungguhnya.

Mempunyai Rasa Penasaran yang Tinggi

Sebuah riset sudah membuktikan bahwa orang-orang dengan IQ tinggi, cenderung lebih penasaran dan selalu terbuka terhadap sebuah gagasan baru. Karena menurutnya, rasa penasaran adalah jalan masuk bagi sebuah pengetahuan. Rasa penasaran yang muncul akan mendorong anda untuk selalu mencari tahu terhadap sesuatu hal. Bagi orang-orang cerdas, rasa penasaran dan keingintahuan akan selalu berjalan beriringan.


Bisa Melengkapi Kalimat Orang Lain

Mungkin anda pernah menjumpai beberapa orang di lingkungan Anda yang memiliki masalah atau kesulitan dalam mengemukakan pendapat mereka sendiri. Dan tanda-tanda orang cerdas selanjutnya yaitu mereka bisa melengkapi kalimat orang tersebut. Bisa mengerti apa yang orang itu katakan, membuktikan bahwa anda adalah orang yang cerdas secara emosional. Anda perlu berempati dan menyelaraskan emosi untuk bisa membaca dunia dari sudut pandang orang tersebut.

Punya Kemampuan Mengontrol Diri

Mengontrol diri sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi tidaklah mudah. Namun dari riset yang sudah dilakukan, orang yang cerdas memiliki kemampuan mengontrol diri yang kuat. Terbukti dari cara para orang cerdas menyelesaikan suatu masalah. Mereka akan dengan sabar dan teliti mencari semua bukti dari berbagai sumber yang ada. Kemudian mereka akan mulai menyusun hipotesa menurut pemikiran mereka. Berbeda halnya dengan orang yang tidak mempunyai kemampuan mengontrol diri. Mereka akan lebih sulit menghadapi setiap masalah yang ada.

Kesimpulan

Tidak semua rumor ataupun opini yang beredar tentang orang cerdas itu benar. Pada kenyataannya justru mereka lebih mampu menerima kekurangan dan menjadikan hal tersebut sebagai patokan agar bisa belajar lebih giat lagi. Dan dari semua tanda-tanda orang cerdas diatas, apakah ada salah satunya yang ada pada diri Anda?

sumber: inilahinfo

Baca juga:
Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Terbaik Untuk Anda Baca


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *