Paparan Sinar Matahari Berdampak pada Kesehatan Mental

46 sec read

kesehatan mental

Paparan sinar matahari membawa dampak yang kuat pada kesehatan mental, khususnya pada suasana hati, demikian yang disampaikan oleh Pakar kesehatan jiwa dari UGM, Dr. dr. Ronny Tri Wirasto, Sp.Kj.,

Menurut beliau; sinar matahari memiliki peranan penting dalam zat dalam tubuh, termasuk zat yang berperan dalam mengatur suasana hati.

“Kalau dikatakan sinar matahari berpengaruh terhadap suasana hati atau suasana hati itu memang betul, karena berpengaruh terhadap zat serotonin dalam tubuh yang menjaga kita dalam suasana hati yang baik dan tetap segar,” katanya dia seperti dikutip dari laman UGM.ac.id,  

Selanjutnya Ia juga menjelaskan bahwa, paparan sinar matahari akan merangsang otak untuk memproduksi serotonin dalam tubuh. Serotonin inilah yang akan membantu dalam mengatur perasaan hati seperti bahagia, sedih, nyaman, cemas, nyeri dan lainnya.

Paparan sinar matahari yang cukup akan meningkatkan produksi serotonin dan menjaga suasana hati untuk tetap baik dan merasa segar di sepanjang siang hari. Sebaliknya jika kandungan zat dalam tubuh rendah bisa memengaruhi suasana hati menjadi tidak nyaman.

“Kalau suasana hati sedang low baik biasanya suka yang redup-redup dan berdiam di kamar. Ini memang mekanisme tubuh saat mood tidak baik, namun harus dipaksa untuk terpapar matahari agar suasana hati bisa bagus lagi,”paparnya.

Ketika malam hari terjadi penurunan pelepasan zat serotonin, hal ini dikarenakan otak tidak lagi terangsang memproduksi serotonin.

sumber

Inteligensi, IQ, dan Faktor yang memengaruhi tingkat inteligensi

Faktor yang memengaruhi inteligensi Menurut David Wechsler, inteligensi ialah kemampuan untuk melakukan tindakan secara terukur, berpikiran secara logis, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. secara...
Raihanna
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *