Orang tua seringkali meminta anak-anaknya untuk tidur siang, bukan tanpa sebab. Walaupun tidur siang sendiri tidak jadi monopoli anak-anak, karena orang tua juga membutuhkan tidur siang

Lalu apa tujuannya?

Tidur siang bermanfaat untuk mengistirahatkan kembali anggota badan kita setelah melakukan aktifitas dari pagi hari. Aktifitas tidur siang ini  tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja tetapi juga untuk Kesehatan mental.

Aneka manfaat tidur siang ini akan kita dapatkan jika kita bisa melakukan tidur siang pada waktu yang tepat dan tidak terlalu lama. Hal ini bertujuan, agar saat pada waktu malam hari tidak bergadang.

Manfaat Tidur Siang

Ada beragam manfaat yang akan kita dapatkan dari aktifitas tidur siang ini, antara lain:

Mengembalikan suasana hati

Tidur siang hari sangat berguna sekali untuk mengembalikan suasana hati yang jelek. Misalnya saat Anda merasakan stress, cemas, dan gelisah, cobalah untuk merelaksasikan diri dengan tidur siang. Karena itu sesudah bangun nanti, Anda akan merasakan kondisi hati yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Waktu tidur semakin bertambah

Waktu normal orang untuk tidur yakni 8 jam sehari. Beberapa orang yang kemungkinan jam tidur malamnya tidak cukup, dapat melanjutkan tidur di siang harinya. Ini bertujuan supaya badan memperoleh waktu beristirahat cukup.

Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak sekedar disebabkan oleh banyaknya merokok atau konsumsi makan yang mengandung banyak garam. Tapi ada penyebab yang lain, yakni stress dan kondisi badan yang capek. Hal tersebut dapat memacu meningkatkan hormon kortisol, yakni hormon yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Tidur siang hari ini dapat menolong untuk menurunkan tekanan darah asal dilaksanakan dengan teratur.

konsentrasi bertambah serta lebih waspada

Sebuah penelitian menyebutkan orang yang tidur siang selama 15-30 menit, semakin lebih kelihatan segar, produktif dan mudah fokus saat melakukan aktivitas dibanding dengan orang yang lelas saat bekerja. Disamping itu disebutkan dalam sebuah penelitian, jika tidur siang hari ini dapat meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah.

Membantu memperkuat daya ingat

Tidur siang diketahui bisa membantu untuk menambah energi dan performa otak. Karena itu untuk dapat menghafal materi atau apa saja itu, lakukanah sesudah tidur siang. Hal tersebut karena tidur siang rupanya dapat mencegah pikun, dan semakin lebih konsentrasi untuk menghafal materi.

Itulah beberapa manfaat dari tidur siang, lebih baik untuk tidak terlalu lama ketika tidur siang terlebih tidur sampai sore hari. Ini akan membuat tidur saat malam hari kurang efektif, hingga sampai mengakibatkan kesulitan tidur


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *