Manfaat daun pepaya

10 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pohon pepaya merupakan tanaman tropis yang dapat kita tanam dimana saja. Jadi tidak heran bila kita dapat menjumpai pohon pepaya dengan mudah, entah di halaman rumah maupun di kebun. Tanaman ini memiliki beragam manfaat. Buah pepaya dapat kita santap, dengan cita rasa buahnya yang manis menyegarkan. Demikian pula dengan daunnya yang memiliki banyak manfaat. Manfaatnya mulai dari akar, bunga, buah, daun, semuanya memiliki nilai obat, baik itu dijadikan dalam bentuk herbal ataupun obat tradisional, yang tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh.

Untuk itu, kita akan mengulas secara khusus tentang 10 manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi Pada Daun Pepaya

Ada begitu banyak kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya di antaranya, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, serta Kalsium.

Jelas sekali kandungan vitamin yang terdapat pada daun pepaya ini sangat berguna sekali bagi kesehatan kardiovaskular, yang berguna sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas, serta mencegah terjadinya kanker.

Apa Saja Manfaat Daun Pepaya

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam daun pepaya maka sekarang kita akan melihat satu per satu apa saja manfaat daun pepaya ini untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Mencegah Demam Berdarah

Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit mudah menular yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Fakta membuktikan bagi kita bahwa setiap tahun ada begitu banyak orang yang meninggal akibat terkena sakit demam berdarah.

Sebagai langkah pertama bila Anda terkena demam berdarah maka Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat yang bisa mencegah demam berdarah tersebut.

Caranya : rebuslah daun pepaya kemudian diblender menjadi jus dan diminum sebagai langkah pencegahan penyakit demam berdarah. Namun fakta yang tidak terbantahkan adalah, daun pepaya ini memiliki rasa yang berbeda dengan buahnya yang sering kita makan. Buah pepaya memiliki citarasa yang lembut dan begitu manis, namun daun pepaya ini rasanya sangat pahit.

Untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya, Anda bisa mengolahnya menjadi jus dan ditambah sedikit madu supaya rasanya tidak terlalu pahit. Ramuan ini sebaiknya diminum sekaligus sampai habis. Karena kalau diminum sedikit demi sedikit, maka rasa pahitnya akan membuat Anda tidak ingin melanjutkan untuk meminumnya.

Lakukan hal ini secara rutin dan teratur untuk pencegahan terhadap demam berdarah yang setiap saat bisa mengancam keselamatan jiwa kita.

Meningkatkan Trombosit

Daun pepaya memiliki manfaat untuk meningkatkan trombosit Anda. Dari hasil sebuah penelitian, dapat disimpulkan bahwa, daun pepaya sangat efektif untuk meningkatkan trombosit yang rendah secara cepat. Apalagi bagi Anda yang mengalami demam berdarah, sedang melakukan kemoterapi, atau yang kekurangan vitamin, dan masih banyak sekali.

Anti Malaria

Daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk mencegah malaria, karena telah ditemukan bahwa dun pepaya memiliki sifat anti malaria. Bagai Anda yang terkena malaria, apalagi yang berdomisili didaerah endemis tertentu, bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat anti malaria dengan cara membuat daun pepaya menjadi jus daun pepaya kemudian diminum untuk mencegah malaria.

Memiliki Sifat Melawan Kanker

Daun pepaya mengandung enzim yang memiliki sifat melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker pankreas, tanpa efek toksik pada tubuh.

Enzim yang terkandung dalam daun pepaya memiliki sifat melawan kanker, membuat ekstrak daun pepaya direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap penyakit kanker.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jus daun pepaya bila diminum akan memberi manfaat kesehatan yang karena kemampuannya dalam melawan infeksi virus, misalnya virus flu biasa. Daun pepaya mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C dan Vitamin E. Kandungan vitamin ini yang bermanfaat dalam proses regenerasi sel darah putih dan trombosit. Dan vitamin yang terkandung dalam daun pepaya ini akan sangat baik untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Dan Mengobati Diabetes

Daun pepaya juga sangat baik untuk mencegah dan mengobati diabetes. Ada senyawa dalam daun pepaya yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga keadaanya tetap stabil.

Walaupun daun pepaya memiliki manfaat dalam mengendalikan kadar gula, tetapi alangkah baiknya bila kita juga menjaga pola makan dengan benar. Artinya kita juga harus tahu apa yang baik untuk dikonsumsi dan apa yang tidak baik, bila kita adalah penderita diabetes.

Membantu Pencernaan

Daun pepaya juga sangat berguna untuk membantu pencernaan. Hal ini karena kandungan enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam proses pencernaan protein, sehingga berguna untuk mengobati gangguan pencernaan.

Melancarkan Buang Air Besar

Daun pepaya juga kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang akan membunuh semua mikroorganisme parasit pada sistem pencernaan dalam perut. Ini akan membuat pencernaan akan lebih baik sehingga memperlancar membuang air besar. Selain itu kandungan ini akan membuat kita terhindar dari diare maupun keluhan sembelit.

Baca juga: Demam Berdarah DHF, Penyebab, Gejala, Penularan, dan Pencegahan

Menghilangkan Nyeri Haid

Bagi kaum wanita daun pepaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid atau datang bulan.

Caranya :

  • Anda rebus daun pepaya ditambah garam dan asam jawa,
  • kemudian direbus sampai mendidih, biarkan hingga beberapa saat,
  • setelah itu diangkat dan tunggu sampai agak hangat.
  • Minumlah air rebusan daun pepaya tersebut dalam keadaan hangat, supaya mempercepat reaksi dalam perut sehingga perlahan-lahan akan mengatasi rasa nyeri akibat haid.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Bila daun pepaya dijadikan jus maka, jus daun pepaya tersebut mengandung lebih dari lima puluh bahan aktif, juga termasuk senyawa karpain yang akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti, parasit, cacing, jamur, bakteri, serta sel-sel kanker.

Itulah kenapa daun pepaya sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Manfaat zat tanin ini untuk melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga membuat cacing di usus tidak dapat menempel. Itulah kenapa daun pepaya juga secara efektif akan menekan dan mencegah penyebab terjadinya sakit tifus.

Manfaat lain daun pepaya untuk kesehatan adalah, mencegah katarak, mengobati jerawat, membantu mengatasi pembesaran prostat, mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru-paru.

Baca juga: Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Daun Pepaya Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, oleh sebab itu daun pepaya juga telah dimasukan kedalam produk-produk perawatan kulit, shampo, dan juga kondisioner.

Untuk kecantikan daun pepaya sangat berguna sebagai pembersih kulit, juga dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, atau bisa dijadikan sebagai kondisioner alami.

Sekian dulu ulasan kita kali ini tentang 10 manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel asli:

https://kecantikanalami2016.wordpress.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like