melatih anak agar tumbuh mandiri

Melatih Anak Agar Tumbuh Mandiri

Apakah anak Anda mulai berkeinginan untuk menyelesaikan tugas secara mandiri? Manfaatkan waktu ini untuk membantu anak Anda tumbuh lebih mandiri.

Mayoritas anak-anak mulai menunjukkan kemandirian sekitar usia antara 18 dan 24 bulan. Si kecil akan mulai menggenggam sendok dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Dia memegang botol susunya sendiri.

Dia juga menuntut untuk makan sendiri dan mulai menangis sambil duduk di kursi makannya. Balita ingin makan di meja yang sama dengan orang tua dan ibunya.

Setelah usia dua tahun anak juga mulai ingin membuka dan menutup kancing sendiri. Mereka mulai pergi ke toilet tanpa bantuan. Dia juga ingin membuka dan melepas pakaiannya dan menyelesaikan beberapa hal sendiri.

Dalam kasus anak dengan keterbatasan motorik, tentu saja tindakan anak itu sendiri dapat mengakibatkan aktivitas makan anak Anda menjadi berantakan misalnya. Tapi, ini adalah kesempatan bagi anak untuk tumbuh mandiri. Jika Anda hanya ingin semuanya bersih dan rapi, tetapi Anda akan terus memberi makan anak Anda selama yang Anda inginkan.

Jika Anda memperhatikan bahwa makanannya berantakan, Anda dapat mengundangnya untuk membersihkannya setelah menjelaskan bahwa ia perlu menggigit lagi untuk mengisi kembali makanannya agar memiliki cukup waktu untuk diserap ke dalam tubuh.

Sebagai orang dewasa, anak-anak belajar dari pengalaman mereka. Biarkan mereka mengalami kesulitan yang disebabkan oleh kancing yang tidak pas di baju mereka. atau terperangkap dalam kegelapan selama beberapa detik, atau mencoba membuka atau mengenakan pakaian sendiri.

Dukungan penuh kelembutan yang diberikan oleh orang tua pada saat anak perlu lebih mandiri sangat penting. Ketika Anda membiarkan anak Anda menyelesaikan segala sesuatunya sendiri, maka dapat memberi anak Anda kesempatan untuk mengembangkan kepercayaan diri dan tumbuh dari kesalahan.

Juga fakta bahwa anak Anda tidak akan menjadi orang yang kekanak-kanakan dan tidak dapat dipisahkan dari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like