Kebahagiaan biasanya merupakan sebuah paradoks: Semakin banyak Anda mencapainya, semakin hal tersebut tampak meluncur melalui jari-jari Anda. “Tanyakan pada diri Anda apakah Anda senang, dan Anda juga berhenti melakukannya,” kata Darrin McMahon, PhD, penulis Happiness: A History.

Bagaimana ini bisa benar? Mungkinkah Anda sedang mencari kebahagiaan di semua lokasi yang cacat? Apakah Anda menganggap kebahagiaan adalah apa yang Anda dapatkan setiap kali Anda mendapatkan yang Anda butuhkan? Beberapa orang mengatakan kebahagiaan itu mirip dengan jatuh cinta, bahwa Anda tidak akan mampu mewujudkannya. Jika itu masalahnya, lalu bagaimana Anda akan tumbuh menjadi lebih bahagia?

Pada Konferensi Kebahagiaan & Penyebabnya 2008 di San Francisco, berbagai individu – dari ilmuwan, doktor, dan psikolog hingga seniman, filsuf, dan penganut Buddha Tibet – memberikan gagasan mereka tentang subjek tersebut. Berikut adalah sejumlah ide mereka untuk mengatasi enam rintangan yang sering terjadi menuju kebahagiaan.

1. Sederhanakan

Thupten Jinpa, PhD bersekolah di biara Buddha sejak kecil, menyadari satu atau dua faktor tentang keunggulan kesederhanaan. Sebuah pertanyaan; Mengapa Anda menganggap biksu dan biksuni mencukur rambut mereka? jawabannya adalah itu menyederhanakan hidup mereka.

Jinpa bukanlah seorang biksu. Tapi dia tetap berpegang pada beberapa nilai gaya hidup sederhana. “Rumah tangga saya memiliki satu cakupan otomatis” katanya, menyatakan dengan bangga tentang kehidupannya, memiliki dan mengelola cetakan kecil. Beberapa kartu bank? Mereka tidak menciptakan kebebasan atau kebahagiaan, .

Kehidupan modern telah mengangkat pilihan orang ke tahap yang terbaik, tetapi pilihan ini datang dengan harga yang sangat tinggi. “Kami biasanya menggabungkan kualitas hidup yang tinggi dengan kehidupan yang biasa,” kata Jinpa, “namun setelah batas tertentu, hubungan [antara keduanya] menghilang.”

Jika Anda menyederhanakan hidup Anda, Anda menciptakan lebih banyak ruang dalam hari Anda, membuatnya dapat ditiru dalam hidup Anda.

2. Ambil Jeda

Tradisi serupa yang menjerat Anda dalam internet yang rumit juga mungkin membuat Anda terus mengejar, kata Jinpa. “Tekanan semacam itu merusak jiwa dan jiwa Anda.” Apakah Anda menamainya meditasi, keheningan, atau doa, mengambil “jeda” hanya beberapa menit sehari akan membantu Anda “mengisi ulang baterai” dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah di pagi hari. Tanpanya, hidup Anda mungkin akan terasa tidak terkendali.

Yang Mulia Robina Courtin, seorang biarawati Buddhis dan penyelenggara Konferensi Kebahagiaan & Penyebabnya, merekomendasikan menghabiskan menit-menit ini untuk berlatih meditasi kesadaran. “Pada siang hari, kita sepenuhnya terserap oleh indra kita,” katanya, “jadi kita tidak memperhatikan pikiran kita.” Duduklah di tempat yang tenang dan lekatkan pikiran Anda dengan mudah ke dalam pernapasan. Saat pikiran Anda mengembara, sampaikan kembali ke napas Anda. Melalui kursus ini, Anda belajar untuk melihat apa yang dikatakan pikiran Anda.

3. Lepaskan

“Penjara Anda tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan penjara dalam orang-orang yang tidak biasa: penjara keterikatan, penjara kemarahan, penjara melankolis, penjara kepuasan.” menulis Lama Zopa Rinpoche kepada seorang tahanan California, murid Proyek Penjara Pembebasan, yang menyajikan ajaran Buddha kepada orang-orang di penjara.

Beberapa orang mungkin akan melihat pernyataan ini sebagai sedikit berlebihan. Tetapi ide-ide yang merugikan dan kompulsif memang memiliki kualitas yang sangat melekat padanya, kata Jinpa. Bagaimana Anda melihat masalah dan cara Anda memahami dunia sangat terkait erat, sehingga penting untuk memiliki pandangan yang optimis. “Anda bekerja sama dengan dunia melalui indera dan pikiran Anda,” katanya. “Jika Anda akan menemukan strategi untuk berdiri di ambang pintu indra Anda, Anda mungkin dapat memiliki suara dalam cara Anda menguasai dunia.”

Dalam tradisi kami, kami menganggapnya sebagai murni bahwa individu tersinggung, tertekan, atau sedih, kata Courtin. “Tidak mengherankan jika kita mengalami depresi – ini adalah pandangan dunia yang menyedihkan. Dikatakan Anda mungkin tidak bisa berbuat apa-apa. ” Jika Anda membayangkan bos, ayah, atau rekan Anda yang kasar adalah alasan utama di balik perjuangan Anda, misalnya, Anda pasti telah mengikat telapak tangan pribadi Anda dan ancaman menjadi terpenjara oleh ide-ide beracun.

Sebaliknya, pandangan Buddhis adalah bahwa kebahagiaan adalah apa yang Anda dapatkan setelah Anda menyerah dengan cara berpikir yang neurotik, kata Courtin. Ini memberdayakan, katanya, sebagai hasil dari pemahaman bahwa Anda akan dapat mengubahnya, memberi Anda keberanian untuk melihat ke dalam, berkonsentrasi, dan bertanggung jawab atas ide-ide Anda. Daripada menilai ide yang merusak, Courtin menyarankan untuk mengamatinya dengan belas kasih. Kemudian tanyakan pada diri Anda, “Apa yang dapat saya lakukan tentang ini?”
Teknik seperti meditasi sadar akan membantu dalam hal ini, tetapi tidak untuk semua orang, terutama mereka yang mengalami melankolis ekstrem, kata Philippe J. Goldin, PhD, pakar analisis dalam divisi psikologi di Universitas Stanford.

Namun ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk melawan hal-hal negatif dan meningkatkan kebahagiaan Anda. Mempraktikkan rasa syukur adalah satu. Orang-orang tampaknya memiliki tingkat kebahagiaan yang pasti, penyebaran yang dipengaruhi oleh genetika. Tetapi mereka yang biasanya menerapkan rasa syukur dapat meningkatkan level set ini sebanyak 25%, studi Robert Emmons, PhD dalam panduannya, Terima kasih !: Bagaimana Berlatih Bersyukur Dapat Membuat Anda Lebih Bahagia. Melalui analisisnya, Emmons menemukan bahwa individu yang menyimpan jurnal rasa syukur merasa lebih baik tentang hidup mereka, berolahraga ekstra, dan sangat optimis.

  • diterjemahkan dari dailymedicalblog.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *