Perkembangan Anak – Mengajarkan kepada anak perihal sopan santun menjadi tugas penting dari orang tua. Bagi orang tua, perkembangan anak menjadi hal yang utama, tidak hanya agar anak bisa tumbuh cerdas dan aktif. Namun juga unggul dalam banyak hal. Tentunya hal yang demikian akan membuat orang tua merasa sangat bangga kepada perkembangan anaknya.

Melatih perkembangan otak anak bisa di lakukan sejak dini bagi orang tua. Untuk orang tua yang ingin tahu tentang 3 cara menjaga perkembangan sopan santun anak , silahakan dilihat poin-poin di bawah ini.

Belajar Sambil Bermain Sandiwara

Ketika anak Anda masih kecil, Anda dapat mengajaknya bermain peran. Umumnya anak menyukai bermain peran dengan teman sebayanya. Anda dapat melibatkan diri Anda dan menggunakan kesempatan ini untuk melatih perkembangan sikap sopan santun mereka. Misalnya latihan berperan sebagai tamu dan tuan rumah secara bergiliran dengan anak, Anda dapat mengajarkan cara menjadi tamu yang santun, atau sebaliknya, Anda dapat mengajarkan anak cara menjadi tuan rumah yang baik. Anda juga bisa berperan menjadi guru dan murid, belanja di pasar dan lain-lain. Ajarkan juga anak cara menyapa orang, mengantri di tempat-tempat antrian dan bersikap pada yang lebih tua.

Melatih Dengan Konsisten

Usia kanak-kanan tentu masih sering lupa dan tak cukup diajarkan sekali untuk bersikap sopan santun. Anda tidak perlu memarahi mereka, ingatkan dengan lembut, ajarkan anak dengan penuh cinta. Misalnya, “Wah bidadari Ayah kok lupa bilang apa ya kalau udah di kasih hadiah?”. Dan yang terpenting adalah jangan pernah lelah mengingatkan mereka, jangan sekali-kali memaklumi karena nanti orang tua tidak konsisten di mata anak.

Demikian pula ketika ada orang lain yang bersikap kurang sopan pada anak Anda, ingatkan orang tersebut, ini membuktikan bahwa Anda konsisten dengan apa yang Anda ajarkan. Jika ada orang lain yang terlihat bersikap tidak sopan dan santun dihadapan anak, ingatkan dia bahwa perbuatan tersebut tidak baik.

Ajarkan Lewat Cerita

Ada dua hal yang biasanya tidak ditolak oleh Perkembangan anak, yaitu cerita dan musik (lagu). Pilihlah buku-buku cerita atau dongeng yang baik untuk dibacakan pada anak Anda. Mereka akan mengenal karakter yang santun dalam cerita tersebut.

Dengan menerapkan ketiga cara dalam mendidik anak tersebut, diharapkan anak Anda akan terbiasa santun berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:
Tahapan Perkembangan Anak usia 0 sampai dengan 5 tahun
Cara Efektif Membuat Anak Lebih Cepat Tidur
Berbohong Kecil Pada Anak, Sikap Parenting Yang Tidak Mendidik


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *