Daftar Isi hide

Perkembangan kehamilan menjadi hal yang penting untuk diketahui bagi ibu-ibu yang sedang mengandung. Tujuannya agar ibu hamil bisa mengetahui kondisi tubuhnya dan janin yang dikandungnya sehingga dapat menjaga serta mempersiapkan kehamilannya dengan baik.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke-1 hingga Minggu ke-4

perkembangan kehamilan

Awal minggu pertama kehamilan, anda hanya akan merasa tidak mengalami mentruasi yang diikuti dengan perasaan sedikit lebih kelelahan atau lebih emosi. Pada beberapa orang masih dimungkinkan adanya vlek darah yang ringan seperti mengalami menstruasi tapi hanya terjadi selama 1 hari. Pada masa ini anda dapat mencoba untuk melakukan Check Kehamilan yang dapat dilakukan dengan menggunakan Test Pack yang mudah ditemukan di apotik terdekat atau ke laboratorium setempat.

Selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mencari dokter kandungan atau bidan yang akan mendampingi selama kehamilan sampai saat melahirkan.Pada periode ini anda disarankan untuk memulai menggunakan vitamin tambahan khusus ibu hamil atau asam folat atau susu yang mengandung vitamin dan asam folat.

Pada fase ini janin anda masih sangat kecil sekali tapi sudah mulai terbentuk kepala dan jantungnya terbentuk serta mulai berdetak tapi masih sangat pelan. Janin tersebut juga sudah mulai terbentuk kelamin laki-laki atau wanita berdasarkan kromosom yang terdapat pada sperma.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 5

Kehamilan di minggu kelima anda akan merasakan Morning sickness dengan merasakan mual-mual pada saat pagi hari atau pada saat anda mencium bau yang agak menyengat, selain itu anda akan lebih merasakan asam pada mulut anda dan berakibat terjadinya produksi saliva/ludah yang berlebihan dengan hal ini dapat diredam dengan menyikat gigi lebih sering atau memakan permen yang mengandung rasa mint atau pedas yang rendah gula atau memakan buah dengan rasa yang asam seperti mangga muda. Minggu ke 5 kehamilan disarankan anda mulai untuk melakukan beberapa test yang berkaitan dengan kesehatan anda antara lain;

  1. Test darah antara lain untuk mengetahui
  • Golongan darah anda, Rhesus (Rh) anda dan memeriksa apakah anda mengalami anemia atau tidak;
  • Kadar gula darah anda apabila memiliki garis sejarah keturunan penderita diabetes dan terhadap orang yang memil iki tekanan darah tinggi, atau yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan pada kehamilan sebelumnya.

2. Test Torch (Toxoplasma, Rubella, Chlamidya, HSV-II) untuk mengetahui apakah terdapatnya virus tersebut dalam tubuh anda.

Fase kehamilan minggu ke 5 jantung bayi sudah mulai berdetak. Organ lain pada bayi seperti paru-paru dan otak sudah mulai terbentuk, mulai terbentuknya aliran darah dan darah pun mulai mengalir, tangan dan kaki mulai agak terbentuk.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 6

Kehamilan minggu ke 6 anda akan merasakan sedikit tekanan pada perut bawah, anda juga akan lebih sering berkemih hal ini disebabkan karena terjadinya pembesaran pada rahim yang terletak di pelvis dimana letaknya berdekatan dengan saluran kemih dan menekan saluran kemih, selain itu pada kehamilan akan menimbulkan pertambahan cairan pada tubuh yang menyebabkan ginjal bekerja lebih berat dengan melepaskan cairan lebih cepat.

Anda pada kehamilan minggu ke 6 harus sudah mulai untuk memperhatikan pola makan anda. Disarankan untuk lebih memperhatikan pola hidup anda dan mengatur pola makan yang seimbang untuk ibu hamil. Selain itu ada beberapa hal dari makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari antara lain; makanan yang mengandung MSG (pada beberapa orang akan menyebabkan pusing), makanan mentah atau setengah matang, dan minuman yang mengandung caffeine dan alcohol.

Fase minggu ke 6 kehamilan tangan dan kaki bayi anda sudah semakin terbentuk, otak bayi anda sudah berkembang baik, mata bayi anda sudah mulai membentuk lensa, sudah mulai terbentuk hidung, selain itu pankreas dari bayi anda sudah mulai terbentuk.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 7

Anda akan merasakan beberapa perubahan pada payudara anda antara lain; payudara anda akan lebih besar, lebih berat, dan lebih kenyal. Selain itu bagian areola dan nipple juga akan membesar dan akan terjadi perubahan warna menjadi lebih gelap. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh anda sebagai persiapan untuk memproduksi air susu.

Kehamilan pada minggu ini disarankan anda mulai berbelanja untuk kebutuhan kehamilan dengan membeli baju dengan ukuran yang lebih besar selain itu disarankan untuk membeli BH yang dapat mendukung payudara anda yang mulai membesar selain itu sebaiknya anda memilih BH yang cukup nyaman dan yang khusus untuk ibu hamil .

Fase minggu ke 7 kehamilan, lengan bayi anda sudah mulai terbentuk, dan sudah mulai terbentuk juga jari-jari dari bayi anda dan juga sudah mulai terbentuk telapak kaki mungil bayi anda. Hidung, telinga dan mata sudah mulai semakin jelas bentuknya. Gigi bayi anda pun sudah mulai terbentuk dibawah gusi bayi anda.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 8

Kehamilan di minggu 8 pada beberapa wanita akan sedikit terjadi perubahan emosional, seperti lebih mudah emosi atau mood naik turun, sering merasa ketakutan tiba-tiba, atau terkadang lebih gembira dan merasa bahagia, lebih sensitif atau tiba-tiba ingin mendapatkan sesuatu atau memakan sesuatu pada saat itu juga dan sifat-sifat emosional lain yang juga sering terjadi pada saat sebelum menstruasi (Pre Menstrual Syndrome).

Pada minggu ke 8 sebaiknya anda harus lebih banyak beristirahat dan melakukan kegiatan yang lebih relax, atau anda bisa melakukan yoga untuk menenangkan jiwa dan emosi atau lebih memanjakan diri dengan kegiatan yang membuat anda bahagia, atau anda bisa melakukan hobi anda yang selama tidak sempat dilakukan seperti menyulam, melukis.

Fase pertumbuhan di minggu 8 sudah memasuki perkembangan pertumbuhan bayi. Tulang dari bayi sudah mulai terbentuk, bagian mata semakin terbentuk, tubuh bayi sudah mulai berkembang dan sudah mulai membutuhkan tempat yang lebih, jari-jari tangan dan kaki sudah semakin terbentuk, Panjang bayi anda kurang lebih 1,7 cm dan berat 1 gram.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 9

Kehamilan di minggu ke 9, 10, 11 pada dasarnya hanya berbeda sedikit dengan kehamilan 3 bulan sebelumnya, hanya kehamilan di minggu 9, 10,11 anda lebih merasa gejala-gejala seperti yang terjadi di 3 bulan sebelumnya lebih berkurang.

Minggu ke 9 kehamilan anda masih tetap harus melakukan beberapa tes kesehatan dan test darah tapi penekanan tes di minggu ke 9 lebih ke kondisi kesehatan ibu untuk mendukung kehamilan. Tes tersebut antara lain:

  1. Tes urine untuk menentukan kadar gula dan protein anda; Hal ini untuk menentukan apakah anda mengalami gestation diabetes atau diabetes yang dialami pada saat hamil dan akan hilang bersamaan pada saat anda melahirkan, ataupun anda penderita diabetes sebelum kehamilan. Keadaan tersebut harus lebih diperhatikan dan didampingin oleh dokter spesialis.
  2. Pengukuran berat badan dan tekanan darah anda;
  3. Detak jantung pada bayi anda

Minggu ke 9 kehamilan bayi anda sudah mulai bergerak tetapi anda belum dapat merasakan gerakan bayi anda, akar rambut pada bayi anda sudah mulai terbentuk, bayi and mulai mengepalkan tangannya, dan bayi anda sudah bisa membuat sidik jari di ‘Hall of Fame’ di tubuh anda. Berat rata-rata bayi anda di minggu ke 9 adalah 2 gram dengan tinggi 2,4 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke-10

Minggu ke 10 kehamilan, anda akan lebih merasakan peningkatan nafsu makan anda, bahkan terkadang anda terbangun tengah malam karena anda ingin memakan atau mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Beberapa wanita bahkan ada dorongan untuk terus menerus makan.

Anda tentu tidak menginginkan bentuk tubuh anda menjadi sangat membesar karena memanjakan keinginan besar untuk terus makan atau nyemil maka kita perlu mensiasati untuk mengurangi asupan yang berlebihan akibat peningkatan pada nafsu makan sehingga perlu disiasati dengan hal-hal sebagai berikut;

  1. Memulailah untuk mengganti cemilan tinggi lemak dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin seperti apel, jeruk, mangga, strawberry;
  2. Minumlah susu sebagai tambahan kalsium buat bayi anda;
  3. Kurangi cemilan yang tinggi lemak dan kalori tapi sedikit nutrisi atau makanan yang berminyak seperti gorengan;
  4. Banyaklah minum air putih dan kurangi minuman yang mengandung gula tinggi untuk menghindari tingginya kadar gula dalam darah. Apabila anda sedang berjalan-jalan dipanas terik anda boleh meminum air dingin tetapi diusahakan mengkonsumsi air putih bukan air minum kemasan dingin yang tinggi gula;
  5. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang biasanya terdapat pada beras merah, roti gandum.

Bayi anda sudah berkembang secara komplit, dan ukuran kepalanya sudah mendekati setengah dari ukuran kepala bayi yang telah lahir, dan kelopak mata bayi anda sudah mulai berkembang, Selanjutnya pada fase ini bayi anda sudah mulai mendapatkan nutrisi dari placenta yang sudah bekerja. Jemari mungil tangan dan kaki bayi anda sudah dilengkapi dengan kuku yang masih sangat lembut. Bayi anda di minggu ke 10 sudah sepanjang 3,2 cm dan berat sekitar 5 gram.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 11

Memasuki minggu ke 11 kehamilan beberapa wanita akan mengalami sakit kepala, atau pusing-pusing atau migrain. Hal ini adalah sesuatu yang normal terjadi karena adanya perubahan peningkatan hormon pada tubuh wanita. Perubahan peningkatan hormon wanita ini juga mendukung timbulnya stress, atau kelelahan.

Untuk mengurangi sakit kepala yang anda alami disarankan untuk melakukan kegiatan yang ringan seperti melakukan yoga atau meditasi atau mengirup udara segar sambil melihat pepohan dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi, lebih banyak beristirahat dan tidur yang cukup tetapi juga tidak kebanyakan tidur karena efek dari kebanyak tidur juga akan mengalami pusing-pusing. Buatlah perasaan anda se-relax mungkin dengan keadaan sekitar yang menunjang.

Struktur tubuh dan organ dari bayi anda sudah mulai berfungsi, jari jemari tangan dan kaki bayi anda sudah mulai terpisah dan sudah menjadi bentuk sempurna tangan dan kaki yang juga sudah lengkap dengan kuku yang juga sudah mulai tumbuh, selain itu rambutnya pun sudah mulai tumbuh. Pada minggu ke 11 ini jenis kelamin bayi anda mulai terbentuk sebagai laki-laki atau perempuan. Seiring bekerjanya organ bayi anda, bekerja pula ginjal dari bayi anda dengan menghasilkan cairan amniotic yang terdiri dari air dan juga mulai menghasilkan urine. Fase minggu ke 11 ini bayi berat bayi anda 7-8 gram dengan tinggi 4,1-4,2 cm.

Bayi anda sudah berkembang secara komplit, dan ukuran kepalanya sudah mendekati setengah dari ukuran kepala bayi yang telah lahir, dan kelopak mata bayi anda sudah mulai berkembang, Selanjutnya pada fase ini bayi anda sudah mulai mendapatkan nutrisi dari placenta yang sudah bekerja. Jemari mungil tangan dan kaki bayi anda sudah dilengkapi dengan kuku yang masih sangat lembut. Bayi anda di minggu ke 10 sudah sepanjang 3,2 cm dan berat sekitar 5 gram.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 12

Minggu ke-12 kehamilan berat badan anda akan terasa terjadinya kenaikan, kenaikan berat badan ini adalah hal yang biasa terjadi pada kehamilan terutama meningkatnya kebutuhan nutrisi bagi si ibu dan si bayi.

Seiring dengan kenaikan berat badan ini tentu saja ada beberapa efek yang timbul diantaranya akan timbulnya gurata-guratan putih atau yang lebih dikenal dengan stretch marks disekitar perut anda. Timbulnya stretch marks ini terkadang disertai dengan rasa gatal. Stretch mark ini terjadi karena meningkatnya berat badan anda yang tentu disertai dengan melebarnya kulit di bagian perut anda.

Menjaga pola makan yang baik adalah hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi efek stretch mark karena selama kenaikan masih dalam batas yang wajar kira-kira 2 -3 kg selama trisemester pertama maka kemungkinan melebarnya jaringan kulit tidak terlalu besar, selain itu dimungkinkan juga untuk mengoleskan stretch marks lotion untuk mengurangi rasa gatal.

Pertumbuhan bayi anda semakin jelas dengan terbentuknya kuping, mata bayi anda yang letaknya semakin berdekatan, pita suaranya pun mulai terbentuk di minggu ini. Organ hatinya pun sudah mula berfungsi untuk membersihkan darah, menyimpan nutrisi makanan, dan organ pankreas bayi anda sudah mulai memproduksi insulin. Anda sudah mulai bisa mendengarkan detak jantung bayi anda. Fase minggu ke 12 kehamilan tinggi badan bayi anda adalah 5,4-5,5 cm dengan berat badan 14-15 gram.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 13

Kehamilan di minggu 13 anda mungkin akan merasakan nyeri di ulu hati, hal ini bisa terjadi terutama pada kehamilan pertama. Rasa nyeri di ulu hati ini dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon progesteron ataupun adanya perubahan secara fisikal dari tubuh anda, yaitu dari membesarnya rahim anda yang menekan perut ke arah atas yang dapat menimbulkan peningkatan asam ke esophagus.

Rasa nyeri di ulu hati dapat anda minimalisasikan dengan mengurangi makanan yang berminyak, makan yang terlalu banyak, mengatur pola makan sehari 6 kali dengan porsi yang sedikit daripada makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar, menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat.

Tangan mungil bayi anda sudah mulai berfungsi dan sudah mulai bisa menaruh jempol-nya di mulutnya tetapi belum dapat menghisapnya karena otot jaringan untuk menghisap belum berfungsi. Anda tidak perlu takut bayi anda akan kelaparan dan tidak ada warung karena di minggu ke 13 ini bayi anda sudah dapat menyerap makanan dan mendapatkan oxygen melalui placenta. Placenta Bayi anda sudah bisa menundukan kepala karena lehernya sudah semakin panjang. Perkembangan bayi anda di minggu ke 13 sudah seberat 23-24 gram dengan tinggi 7,4-7,5 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 14

Perkembangan kehamilan pada minggu ke-14, hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman pada saat kehamilan trisemester ke-3 seperti morning sickness, mood yang naik turun, mual-mual, pusing-pusing sudah mulai berkurang. Anda sudah bisa menikmati kehamilan anda di minggu ke-14 ini, karena semua Anda merasa semua energi anda yang selama ini hilang karena mengalami gejala kehamilan akan mulai berkurang, dan merasakan lebih fit serta kembalinya energi. Pada minggu ini anda akan merasa menikmati kehamilan anda. Berhati-hatilah dengan kembalinya energi anda yang hilang bersamaan dengan kembalinya nafsu makan anda bahkan pada beberapa wanita justru lebih mudah merasa lapar.

Sebaiknya anda mulai menyadari untuk tidak nyemil untuk mengurangi rasa lapar. Anda dapat menggantikan makanan yang tinggi kalori dan tidak bernutrisi dengan makanan yang bernutrisi seperti apabila anda mempunyai kebiasaan nyemil gorengan, ubahlah dengan nyemil buah-buahan, atau apabila anda menyukai makan coklat cobalah untuk membuat minuman susu rendah lemak dengan ditambahkan sedikit bubuk coklat. Tentu saja anda tidak menginginkan tubuh anda membengkak dan tidak proporsional selama kehamilan maka sebaiknya anda belajar untuk menggantikan jenis makanan yang tidak bernutrisi dengan makanan yang lebih sehat selain baik untuk tubuh and juga baik untuk bayi.

Minggu ke 14 kehamilan bayi anda sudah memproduksi urine dan mengeluarkannya pada amniotic fluid (ketuban), cairan inilah wadah dimana bayi anda mengambang dan cairan ini tidak membahayakan anda ataupun bayi anda. Tubuh mungil bayi anda sudah mulai ditumbuhi dengan bulu halus di seluruh tubuhnya atau yang disebut dengan Lanugo. Bayi anda sudah mulai memproduksi kelenjar tyroid , selain itu bayi anda juga sudah mulai terbentuk kelenjar yang menentukan sebagai laki-laki atau perempuan, bagi bayi laki-laki mulai terbentuk kelenjar prostate dan bagi bayi perempuan mulai terdapatnya ovarium yang berpindah dari perut (abdomen) ke arah pelvis. Bayi mungil anda sudah mulai bisa menghisap ibu jarinya yang mungil. Bayi anda di fase minggu ke 14 sudah seberat 43-45 gram dengan tinggi 8,7-9 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 15

Apabila ketika anda menyikat gigi anda dan dari gusi anda keluar darah maka hal ini juga salah satu kemungkinan terjadi pada saat kehamilan. Terjadinya pendarahan dari gusi ini juga disebabkan adanya peningkatan hormon. Hormon ini menyebabkan gusi lebih sensitif yang mengakibatkan timbulnya karang gigi dan hinggapnya bakteri di gusi anda yang dapat membuat kondisi gusi semakin memburuk.

Selama kehamilan memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Selama kehamilan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi selain untuk menghindari diabetes selama kehamilan (Gestational diabetes) dan juga untuk melindungi gigi anda, sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis segeralah menyikat gigi anda untuk menghindari penumpukan sisa makanan di gigi, selain menyikat gigi anda sebaiknya juga cobalah untuk meyikat lidah, perbanyaklah mengkonsumsi Vitamin C yang dapat mengurangi gusi berdarah (gunakan dalam dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter) dan Kalsium yang dapat memperkuat kondisi gusi anda. Selama kehamilan usahakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dan apabila dibutuhkan tindakan intensif terhadap gigi dan gusi anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi anda dan informasikan kehamilan anda.

Kehamilan di minggi ke 15 ini bayi anda sudah memasuki fase perkembangan pada fisik tubuhnya yaitu kakinya sudah mulai tumbuh dan memanjang, dan tangannya sudah membentuk lebih proporsional sesuai dengan tubuhnya. Tangan dan kaki bayi anda sudah mulai berfungsi dan bergerak walaupun anda masih belum bisa merasakan pergerakannya, selain itu jari mungil kaki dan tangannya telah dilengkapi dengan kuku yang mulai timbul. Jaringan kulit bayi anda masih sangat halus. Alis mata bayi anda sudah mulai terbentuk dan mata bayi anda sudah bisa menangkap adanya cahaya. Anda sudah mulai bisa menyiapkan perlengkapan bayi yang berwarna merah muda atau biru, karena di minggu ini anda sudah bisa melakukan check ultrasonography (USG) untuk melihat jenis kelamin bayi anda. Fase minggu ke 15 kehamilan bayi anda sudah seberat 70-73 gram dengan tinggi 10-12 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 16

Hidung tersumbat tanpa disertai sakit flu juga mungkin terjadi di masa kehamilan. Terjadinya keadaan ini biasanya terjadi karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh selama kehamilan yaitu hormon progesteron dan estrogen yang menimbulkan peningkatan dan pelebaran aliran darah di tubuh ke jaringan membran mucose di hidung yang menyebabkan hidung menjadi lebih lemah, lembut dan berair. Selain itu apabila anda memang mempunyai kecenderungan allergi, maka selama kehamilan alergi anda juga mungkin akan menjadi lebih parah atau mungkin anda menjadi lebih sensitive/alergi pada saat hamil dibandingkan pada saat anda sebelum hamil terutama terhadap bebauan yang kuat seperti asap pembakaran, bau masakan, asap rokok.

Apabila anda mengalami hidung tersumbat tanpa disertai dengan flu anda dapat menggunakan nasal spray yang bukan bersifat obat tetapi yang terbuat dari air garam. Selain itu anda dapat juga menggunakan uap air untuk beberapa menit saja sampai hidung tidak tersumbat. Konsumsi-lah vitamin C karena vitamin ini dapat memperkuat jaringan kapiler anda. Selama anda menggunakan vitamin C sebaiknya gunakan dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kepala bayi anda sudah semakin kuat, dan kuping dari bayi anda sudah tepat di posisi samping kepala. Anda sudah mulai bisa memperdengarkan lagu Klasik kepada calon bayi anda agar bayi anda lebih relax. Sistem tubuh dari bayi anda sudah mulai bekerja termasuk sistem kandung kemihnya yang sudah bisa berkemih lebih sering. Jantungnya sudah mulai bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya. Fase ini bayi anda sudah belajar untuk bernafas. Perkembangan tubuh bayi anda di minggu ke 16 kehamilan sudah seberat 100-120 gram dengan tinggi 11-12 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 17

Apabila anda sudah terbiasa melakukan olah raga secara teratur sebelum hamil, sebaiknya tetap pertahankan kebiasaan olah raga tersebut, karena pada minggu ke 17 kehamilan anda akan merasa tubuh mulai tidak proporsional lagi ataupun akan merasa anda menjadi lebih berat. Kegiatan olah raga ini juga sangat bermanfaat bagi bayi dan tubuh anda. Tubuh akan lebih berenergi, dan memperbaiki kualitas tidur karena olah raga dapat memperlancar peredaran darah anda, mengurangi pegal-pegal dipersendian tubuh anda atau kelelahan punggung.

Olah raga yang dapat anda lakukan selama kehamilan adalah olah raga yang ringan antara lain: jalan kaki dengan kecepatan yang cukup, bersepeda dengan kecepatan yang cukup, yoga, renang (tetapi harus diperhatikan suhu air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin), melakukan stretch dan relaksasi.

Perkembangan bayi anda sudah berbentuk manusia di fase ini. Lemak sudah mulai terbentuk di bawah jaringan kulit bayi anda yang akan berguna untuk mempertahankan suhu tubuh bayi pada saat lahir. Minggu ke 17 kehamilan berat badan bayi anda sudah mencapai 140-150 gram dengan tinggi badan 13 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 18

Kehamilan juga dapat membuat anda mengalami sulit tidur. Hal ini dapt terjadi karena anda jadi sering berkemih di malam hari atau perut anda sudah mulai membesar yang membuat anda sedikit sulit dengan posisi tidur karena sudah mulai merasakan ada rasa mengganjal. Posisi tidur pada saat kehamilan cukup mengganggu, tapi hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa minggu yang selanjutnya akan lebih terbiasa.

Mengurangi kesulitan tidur pada saat kehamilan bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur yang lebih nyaman. Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal diantara kaki. Selain posisi tidur tersebut mungkin anda juga dapat merubah ke arah lain atau menggunakan guling sebagai alternatif. Lambat laun anda akan menemukan posisi tidur yang nyaman buat anda. Sebelum tidur juga sebaiknya mengurangi asupan minuman, tetapi pengurangan ini dalam porsi yang wajar dan tidak menyebabakan anda dehidrasi, atau usahakan untuk melakukan olah raga di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur.

Anda sudah mulai dapat merasakan tendangan dari bayi anda, pada minggu ke 18 ini tangan dan kaki bayi sudah mulai bergerak secara fleksibel. Apabila bayi anda laki-laki maka kelaminnya sudah dapat terlihat, sedangkan apabila bayi anda perempuan rehimnya dan tube fallopinya terbentuk. Pada kulit luar bayi akan terbentuk suatu lapisan tipis yang akan melindunginya selama bayi mengambang di amniotic fluid (ketuban) atau yang disebut dengan vernix. Berat badan bayi anda sudah mencapai 190-200 gram dengan tinggi badan 14-15 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 19

Pening ataupun pusing juga bisa anda rasakan di minggu ke 19 ini. Pening ini bisa terjadi karena tekanan akibat meluasnya rahim anda pada jaringan darah di urat. Selain itu, posisi yang tiba-tiba bangun akan menimbulkan berubahan aliran darah di otak seiring dengan perubahan posisi secara tiba-tiba. Pening ini terjadi apabila anda bangun dari tiduran secara tiba-tiba atau kelaparan dan kehausan, kepanasan (berendam di air panas terlalu lama atau berjalan di luar dengan panas terik), kurang darah (anemia).

Apabila anda mengalami pening setelah bangun dari tidur maka sebaiknya apabila anda bangun dari posisi tidur atau tiduran sebaiknya anda tidak langsung berdiri melainkan bangun terlebih dahulu, lalu duduklah sebentar, lalu taruhlah kaki disamping tempat tidur anda dan kemudian bangunlah. Apabila anda pening karena kurang darah maka langsung konsumsilah suplemen tambahan atau makanan yang mengandung zat besi.

Kehamilan di minggu ke 19 bayi sudah mulai dapat melakukan kegiatan tidur seperti layaknya bayi yang telah lahir. Apabila bayi yang di kandung adalah bayi perempuan maka ovarium bayi sudah mulai terdapat sel telurnya. Selanjutnya, ginjal bayi terus bekerja yang juga mengeluarkan urine. Akar dari rambut bayi sudah mulai berkembang. Berat badan bayi anda 300-400 gram dengan tinggi badan 16-15 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 20

Anda sudah menjalani setengah dari seluruh kehamilan. Kehamilan di minggu ke 12 ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk menikmati kehamilan anda karena selain anda sudah terbiasa dengan gaya hidup yang lebih sehat anda juga sudah bisa memulai komunikasi dengan bayi anda di dalam. Komunikasi pada bayi yang belum lahir pada dasarnya adalah untuk lebih menjalin hubungan ikatan antara orang tua dan bayi dan belum dapat dipastikan secara ilmiah bahwa bermain bersama bayi dalam kandungan anda, akan membuat bayi dalam kandungan akan lebih pintar setelah bayi lahir.

Bayi yang sudah memasuki akhir trisemester ke 2 atau di awal semester ke 3 sudah mulai dapat mendeteksi suara yang ada disekitarnya, terutama suara ayah dan ibunya, karena bayi setiap hari sudah sering mendengar pada saat ayah dan ibunya sedang berbicara. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan memperdengarkan musik terutama musik klasik pada saat bayi masih di dalam kandungan dapat membuat bayi akan lebih tenang ketika sudah lahir dan memang setelah bayi lahir kemudian diperdengarkan musik klasik yang sama tersebut bayi akan lebih tenang. Hal ini terjadi karena bayi sudah terbiasa mendengarkan musik dengan tempo yang tenang yang selama ini dia sudah kenal dan musik inilah yang membuatnya relaks. Selain memperdengarkan musik memang dianjurkan untuk memulai bercanda dengan bayi yang anda kandung mungkin akan terlihat aneh tapi hal ini bisa membuat hubungi orang tua dan bayi terjalin sejak dini.

Pada minggu ke 20 ini perkembangan vital pada bayi sudah hampir selesai, di minggu selanjutnya hanya perkembangan fungsinya menjadi lebih sempurna untuk dipersiapkan melihat dunia. Jantung bayi anda sudah bekerja semakin baik. Apabila bayi berjeniskelamin perempuan maka dibulan ini rahim bayi sudah mulai berkembang dan sudah menghasilkan 6 juta sel telur pada indung telurnya (ovarium) tapi jumlah ini akan menurun pada saat bayi dilahirkan menjadi sekitar 1 juta sel telur. Kaki bayi anda sudah berkembang baik dan anda sudah mulai merasakan tendangannya. Indera pendengaran, pengelihatan, indera perasa dan penciuman sudah mulai berkembang. Berat badannya 300-400 gram dengan tinggi badan 25-26 cm di minggu ke 20.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 21

Pada minggu ke 21 ini akan ada perubahan warna pada kulit disekitar perut bawah anda yaitu timbulnya garis coklat berawal dari atas tulang kemaluan sampai ke bagian pusar yang dinamakan linea nigra. Terjadinya perubahan warna tersebut karena adanya hormon kehamilan dan berakibatnya terjadinya hipermigmentasi, selain perubahan warna di perut juga dapat terjadi perubahan warna di wajah seperti masker yang terjadi di pipi, hidung dan disekitar mata, perubahan warna ini sering disebut sebagai Masker Kehamilan atau cloasma. Terjadinya perubahan warna kulit ini akan sangat terlihat pada orang yang memiliki kulit gelap, semakin gelap warna kulitnya maka semakin gelap linea nigra terlihat.

Akibat berubahnya hormon pada wanita pada saat hamil maka banyak pula perubahan yang semakin terlihat, terutama pada kulit. Selain terjadinya hiperpigmentasi cloasma dan linea nigra ada juga yang disebut dengan noda merah (spider angiomas) yang dapat timbul dimana pun dibagian tubuh anda. Sebenarnya semua perubahan pada kulit yang terjadi pada saat kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan dan sebaiknya juga hindari terpapar matahari terlalu panas dan selalu gunakan sunblock apabila akan melakukan aktivitas luar.

Bayi di fase minggu ke 21 mungkin anda akan terkejut kalo di minggu ini bayi anda sudah belajar untuk tidur dan bangun pada jam yang lebih konsisten. Sel darah putih (leukosyt) bayi sudah mulai terbentuk untuk melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Gigi bayi sudah sepenuhnya terbentuk dibawah gusinya. Apabila bayi yang dikandung perempuan pada minggu ini sudah terbentuk vagina. Berat badan bayi sudah sekitar 360-370 gram dengan tinggi 26-27cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 22

Perkembangan kehamilan di minggu ke 22 mungkin berat anda sudah bertambah sekitar 5-7 kg, di mana pada minggu-minggu selanjutnya kenaikan berat badan anda sekitar 1 kg per bulan. Berat badan anda juga sudah mulai harus diperhatikan apabila di awal kehamilan anda yang termasuk orang kategori kurus, maka anda harus menyesuaikan kenaikan berat badan anda. Sebaliknya juga apabila dari awal anda termasuk orang yang kelebihan berat badan maka diharapkan anda dapat mengurangi sedikit kenaikan berat anda.

Walaupun anda akan mengalami kenaikan berat badan paa minggu-minggu selanjutnya tetapi tetap anda harus memperhatikan asupan gizi yang baik bagi anda dan bayi anda. Sebaiknya anda sudah mempertimbangkan untuk meningkatkan tambahan zat besi pada asupan makanan anda. Zat besi ini berguna untuk membentuk zat darah merah atau Haemoglobin, dan memperkuat daya tahan tubuh anda. Haemoglobin ini merupakan protein yang membawa oksigen keseluruh tubuh anda. Zat besi ini dapat anda temukan pada daging merah, daging unggas dan ikan. Disarankan anda juga tetap menyantap makanan yang engandung vitamin C seperti dalam Jeruk, strawberry, atau brocolly. Vitamin C ini akan membantu penyerapan zat besi lebih baik kepada tubuh anda.

Kulit tubuh bayi sudah mulai semakin jelas walaupun masih keriput, keriput tersebut akan berkurang dengan seiring pertambahan berat badannya. Hati-hati bayi bisa mengetahui semua rahasia ayah ibunya karena bayi sudah semakin jelas mendengar semua pembicaraan ayah ibunya apapun yang anda bicarakan, nyanyikan, atau hal-hal apapun yang mungkin memang anda ingin bicarakan dengan si bayi sudah dapat ia dengarkan. Alis mata dan kelopak matanya pun sudah semakin jelas terbentuk. Otak bayi pun sudah terbentuk baik walaupun perkembangannya masih terus akan berlangsung hingga bayi anda lahir serta berkembang sampai balita. Apabila bayi anda laki-laki maka akan terbentuk testis dan mulai menghasilkan sperma tetapi dalam bentuk yang sangat sederhana. Berat badan bayi anda sekitar 400-450 gr dengan tinggi badan 26-30 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 23

Kram pada kaki adalah salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat kehamilan. Kram kaki juga dapat timbul bahkan mungkin sering terjadi pada saat malam hari atau di tengah-tengah tidur nyenyak anda. Kram kaki ini juga dapat ditimbulkan karena lelah dengan aktifitas anda seharian dan berkumpulnya cairan pada kaki anda.

Sebaiknya di siang hari apabila anda banyak melakukan aktifitas anda dapat menghentikan aktifitas anda beberapa saat untuk beristirahat dan mengangkat kaki anda dengan posisi yang lurus. Anda duduk di kursi dan taruhlah kursi lain di hadapan anda dan letakan kaki di kursi tersebut. Selain itu usahakan untuk tetap banyak meminum air putih paling sedikit 8 gelas per hari.

Mata bayi anda sudah terbentuk baik walaupun warna mata bayi anda masih belum jelas. Pankreas bayi sudah mulai memproduksi insulin. Paru-parunya semakin berkembang untuk mempersiapkan bayi untuk bernafas. Berat badan bayi anda sudah mencapai 500-510 gram dengan tinggi 28-30 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 24

Pada umumnya pada minggu ke 24 kehamilan disarankan untuk melakukan check gula darah, untuk mengetahui apakah anda menderita diabetes pada kehamilan, Gestational Diabetes. Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi anda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat anda harus melahirkan secara cesar

Apabila anda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya anda langsung diawasi oleh dokter anda. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah anda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan test kadar gula darah lagi setelah anda melahirkan untuk menentukan apakah anda menjadi penderita diabetes atau tidak. Walaupun mungkin anda tidak mengidap penyekit diabetes setelah melahirkan, tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat dikemudian hari untuk menghindari timbulnya Diabetes Mellitus di kemudian hari.

Kulit bayi pada saat ini masih tipis dan transparan, dan masih keriput tapi lapisan kulit bayi anda sudah mulai terisi dengan lapisan lemak. Bayi anda di minggu ini sudah mulai bisa merasakan setiap minuman yang di konsumsi oleh ibunya karena indera perasa bayi sudah mulai berkembang. Paru-parunya sudah mulai membentuk cabang dan saluran pernafasannya sudah mulai membentuk menyerupai pohon. Berat bada bayi anda sekitar 600-610 gram dengan tinggi badan sekitar 30-32 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 25

Sudah saatnya untuk anda untuk mencari kelas-kelas untuk senam kehamilan. Kelas kehamilan ini diperlukan oleh anda untuk mempermudah dan membantu anda mempersiapkan diri untuk persalinan terutama bagi anda yang sedang mengalami kehamilan yang pertama kali. Selain anda, suami anda pun dapat memperoleh informasi mengenai proses melahirkan, ataupun pengetahuan mengenai hal-hal yang mungkin terjadi pada saat melahirkan.

Pada umumnya kelas senam kehamilan hampir serupa dan menawarkan pilihan-pilihan yang serupa. Pemilihan tempat senam kehamilan sebaiknya berdasarkan pertimbangan antara lain jumlah dari peserta yaitu tidak terlalu banyak peserta, karena akan mengakibatkan kurang efektifnya pertukaran informasi, rekomendasi dari dokter atau bidan anda

Tulang bayi anda di minggu ini semakin mengeras dan bayi anda menjadi bayi yang semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis di sekitar mulut bayi sudah mulai membentuk tetapi fungsi menelan sudah semakin membaik. Indera penciuman bayi sudah semakin membaik karena di minggu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi. Berat bayi sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 34-37 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 26

Seiring dengan semakin membesarnya perut anda mungkin anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut anda maka secara refleksi menyebabkan pundak anda ke arah belakang untuk menahan beban depan tubuh anda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh anda.

Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standard karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung anda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakan tubuh anda. Selain itu anda juga harus memperhatikan sikap apabila anda akan mengambil barang hindari membungkuk. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama

Bayi anda sudah bisa mengedipkan matanya di minggu ke 26 ini selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi, mungkin anda dapat memulai mendengarkan lagu yang ringan dan juga anda dapat mencoba untuk memberi cahaya lebih disekitar perut, mungkin anda akan merasakan kalau bayi anda menganggukan kepala. Minggu ke 26 kehamilan berat badan bayi anda sudah mencapai 750-780 gram sedangkan tinggi badan bayi anda 35-38 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 27

Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini anda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah anda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harus diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan anda. Anda harus berhati-hati apabila anda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba anda merasa pusing tanpa sebab. Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan anda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter anda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah anda dapat terdeteksi. Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat anda lakukan apabila memang anda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau anda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi anda.

Otak bayi anda sudah berkembang semakin baik dan sudah mulai dapat berpikir, mungkin anda pun berpikir hal apakah yang dipikirkan bayi dalam kandungan? tetapi tetap disarankan untuk berbagi cerita, kebahagian, musik atau apapun dengan bayi anda. Bagaimanapun setiap anda bercerita atau suami anda menyanyi bayi anda sudah mulai bisa mengenalinya karena minggu ke 27 ini jaringan ditelinganya mendekati sempurna. Bayi mungil anda mulai belajar bernafas walaupun dalam air, paru-parunya berlanjut berkembang untuk mempersiapka bayi bernafas ketika sudah lahir.Kelopak matanya sudah mulai belajar membuka dan retina matanya telah terbentuk. Berat bandan bayi anda 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 28

Anda mungkin akan merasakan kalau pada kenaikan berat badan di kehamilan trisemester merupakan kenaikan berat badan terbanyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan pertumbuhan yang baik karena menujukan bahwa bayi anda pun mengalami perkembangan dan kenaikan yang tepat. Peningkatan berat badan ini tidak akan membuat anda terlihat gendut karena kanaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi anda dan placenta, dan juga ke cairan ketuban bagi bayi anda, dan juga ke payudara anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalo anda tidak terlihat sexy. Justru wanita hamil terlihat lebih sexy.

Walaupun berat badan anda akan meningkat banyak pada trisemester ketiga bukan berarti anda dapat memanjakan diri dengan makan yang banyak dengan beranggapan bahwa memang trisemester ketigalah yang membuat anda semakin besar. Anda tetap harus memperhatikan pola makan sehat anda agar kenaikan berat badan anda dalam batas yang normal dan tidak berlebihan. Selain itu juga tetaplah menjaga stamina dengan berolah raga.

Bagian mata bayi anda semakin sempurna karena bulu mata dan alis matanya telah terbentuk jelas begitu pula dengan matanya yang telah terbentuk sempurna. Tubuh bayi anda semakin baik dengan mulai berkembangnya jaringan lemak dibawah kulit dan volume tulang yang semakin kuat dan berisi. Paru-paru bayi anda pun telah berfungsi dengan baik.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 29

Terkadang pada malam hari dan siang hari anda juga akan merasakan tegang atau kesemutan atau rasa terbakar pada kaki dan betis anda. Gejala ini sering menyerang justru pada saat anda beristirahat atau bahkan pada saat anda hendak tidur anda tidak dapat menggerakan kaki anda. Tapi rasa ini hanya menyerang sementara apabila anda terbangun dan duduk atau mengubah posisi maka rasa itu akan hilang dengan sendirinya.

Mengurangi gejala kelelahan pada kaki ini dapat melakukan stretching pada kaki anda, mengompres kaki anda dengan air hangat dan air dingin, atau juga anda mandi dengan air dingin dan air hangat, memijat dengan pelan, melakukan latihan relaksasi. Selain itu juga hindari tidur-tiduran ditempat tidur, sebaiknya apabila anda benar-benar telah mengantuklah anda bisa berbaring dan tidur.

Sensitifitas dari bayi anda sudah semakin jelas, bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu otak dari bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan mengatur suhu badan dari bayi. Perkembangan otaknya ini yang merefleksikan bagian kepala bayi anda sudah menyesuaikan dengan otaknya yang juga membesar. Postur dari bayi anda sudah semakin sempurna sebagai seorang manusia. Berat badannya 1100-1200 gram dengan tinggi badan 37-39 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 30

Perkembangan kehamilan minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil anda. Mungkin anda akan merasakan perut anda seperti ada pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak.

Pada dasarnya tendangan bayi sudah dapat dirasakan pada trisemester kedua tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif tetapi anda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian. Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi anda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter anda.

Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Apabila anda mencoba untuk menyenteri perut anda dan menggerak-gerakan senter trsebut maka mati bayi anda sudah bisa menguti ke arah mana senter tersebut bersinar. Seiring dengan semakin besarnya bayi anda maka semakin berkuranglah cairan ketuban (amniotic fluid) bayi anda. Bayi anda sudah mulai memproduksi air mata. Usahakan untuk selalu tetap berbagi dengan bayi anda baik cerita atau musik. Berat badan bayi anda 1510-1550 gram dengan tinggi 39-40 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 31

Sering merasa kelelahan adalah juga salah satu dari keluhan yang mungkin timbul setelah anda memasuki akhir kehamilan trisemester kedua. Selain anda mungkin juga sudah semakin berat dan mungkin anda juga mengalami kesulitan tidur atau bahkan mungkin anda terlalu banyak beban pikiran atau mimpi-mimpi atau fantasi.

Rasa lelah ini sebenarnya adalah suatu petunjuk bahwa anda harus lebih relax dan tenang. Kurangilah kegiatan berat anda dan lakukanlah kegiatan yang membuat anda bahagia serta lebih tenang. Lakukan beberapa hobi yang menyenangkan yang sempat tertunda. Selama kelelahan ini masih dalam batas yang wajar maka nikmatilah hidup yang lebih santai terkecuali anda mengalami kelelahan yang amat sangat maka anda dapat menghubungi dokter anda.

Perkembangan fisik bayi sudah mulai melambat pada fase ini hanya berat badan bayilah yang akan bertambah. Selain itu lapisan lemak akan semakin bertambah dibawah jaringan kulitnya. Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras dan berkembang dan mukai memadat dengan zat-zat penting seperti kalsium, zat besi, fosfor. Berkebalikan dengan perkembangan fisiknya, pada fase ini perkembangan otaknyalah yang berkembang dengan sangat pesat dengan menghasilkan bermilyar sel. Apabila anda sudah terbiasa mendengarkan bayi anda dengan musik maka pada minggu ke 31 ini bayi anda sudah mulai bergerak apabila anda perdengarkan musik. Berat badan bayi anda 1550-1560 gram dengan tinggi 41-43 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke – 32

Anda mungkin sudah mulai memperhatikan bila kadang-kadang anda merasa rahim anda mengeras atau kontraksi. Hal ini sering disebut sebagai Braxton Hicks Contraction. Kontraksinya bisa terjadi sekitar 40-60 detik tetapi tidak terjadi secara terus menerus dan tanpa disertai rasa sakit. Apabila anda merasakan kontraksi seperti ini bukan berarti tanda anda sudah waktunya melahirkan tetapi karena menegangnya rahim, memang Braxton Hicks Contraction ini merupakan proses awal suatu kelahiran dimana leher rahim anda mulai terbuka.

Apabila anda mengalamai Braxton Hicks Contraction maka disarankan anda mempraktekan cara pernafasan yang telah anda pelajari pada kelas senam kehamilan, selain itu minumlah air putih karena ada kemungkinan kontraksi ini terjadi karena anda membutuhkan cairan lebih. Apabila kontraksi ini agak mulai membuat anda tidak nyaman maka ada baiknya anda rebahan lalu bangun dan duduk dan berjalan ringan. Anda perlu berhati-hati apabila kontraksi ini mulai semakin intens dengan minimal lima kali kontraksi dalam 1 jam atau kontraksi terjadi lebih dari 60 detik dengan interval setiap 5 menit. Terasa sakit di punggung bawah. Pecahnya ketuban atau bercak darah maka anda harus segera menghubungi dokter atau bidan anda.

Kuku dari jari mungil tangan dan kaki bayi sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang karena pada saat itu belum ada tukang potong rambut. Minggu ke 32 ini bayi anda sudah mulai bisa bermimpi, mungkin anda penasaran hal apakah yang dimimpikan bayi? Berat badan bayi anda sudah mencapai 1.700-1750 gram dengan tinggi badan 40-42 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 33

Pada saat ini anda mungkin berat badan anda sudah bertambah lagi sekitar 1-1,5 kg. Hal ini membuat membuat rahim anda mendorong kearah diafragma yang menyebabkan anda menjadi mual-mual dan bahkan anda merasa kalau nafas anda lebih pendek atau ngos-ngosan. Hal ini adalah sudah biasa terjadi karena jumlah pernafasan yang anda lakukan lebih meningkat pada saat anda hamil, terlebih lagi apabila anda mengalami kehamilan kembar mungkin semakin banyak intensitas pernafasan yang anda lakukan

Anda tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan oksigen dengan pendeknya nafas anda karena tubuh anda juga telah menyesuaikan diri dengan kehamilan ini kebutuhan oksigen bagi anda dan bayi maka bernafaslah secara normal dan selain itu sedikit relax, ambil nafas dalam-dalam, perhatikan postur tubuh anda hindari membungkuk.

Otak bayi anda semakin pesat berkembang pada saat ini juga otak bayi anda sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi anda belum benar-benar bersatu. Bayi sudah bisa mengambil nafasa dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayi anda laki-laki maka testical bayi sudah mulai turun dari perut menuju scrotum. Berat badan bayi anda 1800-1900 gram dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

Perkembangan kehamilan Minggu ke 34

Anda akan mengalaminya lagi kesulitan tidur di trisemester ketiga. Pada saat ini yang lebih anda rasakan adalah anda merasakan seperti anda membawa ember di perut anda dan setiap anda merubah posisi tidur, cairan dalam ember tersebut seperti bergerak-gerak. Selain perasaan ketidak nyamanan tersebut anda juga akan mengalaminya lagi yaitu rasa semakin sering berkemih.

Posisi tidur yang mungkin anda dapat nikmati adalah tidur miring ke arah kiri dan menngunakan bantal atau guling diatara kaki anda apabila hal ini tetap tidak memberikan posisi nyaman anda dapat menyangga tubuh anda dengan bantal yang lebih banyak dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah. Posisi tidur miring kesamping adalah posisi yang baik bagi wanita hamil karena posisi ini memberikan posisi maksimal aliran darah dan nutrisi pada bayi anda dan membantu ginjal anda untuk mengurangi produksi kotoran. Anda dapat mengurangi jumlah asupan minuman sebelum anda tidur.

Bayi anda sudah dapat membuka mata apabila bayi baru saja bangun tidur dan dia akan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, andapun sudah dapat memperhatikan jadwal tidurnya. Selain sudah bisa membuka dan menutup mata, bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya. Minggu ke 34 kehamilan tubuh anda sedang mengirimkan antibodi melalui darah anda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih mendetail pada saat anda mulai menyusui. Berat Badan bayi anda 2000-2010 gram dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.

Perkembangan kehamilan Minggu ke 35

Pada beberapa wanita akan merasakan gatal disekitar perut atau bahkan akan timbul garis merah. Hormon kehamilan yang menunjang terjadinya rasa gatal tersebut selain itu juga pembesaran pada perutlah menyebabkan jaringan kulit pun membesar, terkadang pembesaran ini juga disertai dengan rasa gatal. Pada beberapa wanita akan timbul seperti bentol-bentol merah yang timbul disekitar perut dan diantara stretchmark ysng meluas kesekitar paha dan tangan. Rasa gatal ini juga terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules.

Reaksi seperti alergi diatas tidak berbahaya bagi anda maupun bayi, mungkin dapat dikurangi dengan pemberian salep yang akan ditentukan oleh dokter anda. Berhati-hatilah apabila rasa gatal menyerang sangat intens karena dapat dicurigai adanya ketidak normalan pada liver anda ataupun apabila rasa gatal disertai dengan pembesaran pada bentol-bentol yang disertai dengan sisik maka hal ini juga dapat dicurigai terjadinya herpes pada kehamilan.Apabila kedua hal terjadi langsung hubungi dokter anda.

Pada minggu ke 35 fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim anda. Apabila bayi anda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. Berat badan bayi anda 2300-2350 gram dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Perkembangan kehamilan Minggu ke 36

Saat ini adalah waktu yang baik untuk anda menyediakan waktu khusus membuat rencana kelahiran. Rencana kelahiran perlu disiapkan agar pada saatnya mendekati persalinan semua berjalan lancar, pada dasarnya apabila anda belum menyiapkan rencana kelahiran dan pada saat melahirkan terjadi anda sudah tidak mungkin lagi berpikir apa yang harus dilakukan.

Rencana kelahiran ini dapat berupa menyiapkan semua pakaian anda yang mungkin dibutuhkan di dalam koper apabila anda dirawat di rumah sakit pada saat melahirkan. Hubungi rumah sakit dimana anda akan dirawat karena di beberapa rumah sakit di Jakarta diharuskan memesan kamar beberapa minggu sebelum melahirkan. Apabila diperkirakan antara rumah dan rumah sakit pilihan anda letaknya berjauhan maka ada kemungkinan kalau anda sudah menginap di rumah saudara atau hotel terdekat dengan rumah sakit. Apabila anda tidak memiliki asuransi maka persiapkan dana anda.

Kulit bayi anda sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini paru-paru bayi anda sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan mama dan papa. Berat badan bayi 2400-2450 gram dengan tinggi badan 47-48 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 37

Dimulai dengan minggu ke 37 kehamilan adalah saat yang mendebarkan bagi anda karena ada kemungkinan tiba-tiba bayi sudah siap lahir. Masih teringat dengan kontraksi Braxton Hicks? anda akan merasakan kontraksi ini lebih sering dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya tetapi mungkin di minggu-minggu akhir ini kontraksi akan semakin sering anda alami.

Anda harus semakin memperhatikan kontraksi yang anda alami apakah kontraksi yang anda alami merupakan Braxton Hicks atau memang kontraksi akan melahirkan, maka hal-hal yang akan membedakan pada kontraksi akan melahirkan adalah antara kontraksi yang satu dengan yang lain berdekatan, kontraksinya semakin menguat, jangka waktu kontraksinya lebih lama, kontraksi semakin menguat apabila anda berjalan. Anda akan merasakan kalo bayi anda posisinya telah turun. Selain itu anda harus semakin memperhatikan apabila terjadinya vlek dengan sedikit darah maka langsung hubungi dokter anda.

Beberapa minggu yang lalu bayi bisa bereaksi terhadap senter yang anda senterkan di perut anda sedangkan pada minggu ini bayi anda sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat in sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian maka andalah yang harus mengajari bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu istirahat atau gelap, waktu dimana anda mengajari bayi untuk beristirahat. Selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram dengan tinggi 48-49 cm

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 38

Minggu ini saatnya anda harus lebih tenang untuk menghadapi saat-saat bersalin. Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti membaca buku, majalah atau menonton televisi. Sejak memasuki usia kehamilam minggu ke 38 anda sudah mulai merasakan ketegangan karena mungkin anda belum bisa membayangkan bagaimana saat-saat bayi mungil anda lahir. Selain itu, di sisi lain anda sudah mulai penasaran bagaimana rupa bayi anda apakah seperti ayahnya ataukah ibunya.

Perbanyaklah menenangkan diri dan banyaklah berdoa untuk lebih memberikan ketenangan jiwa. Apabila jiwa dan raga anda bahagia dan tenang maka proses kelahiran akan lebih mudah dan lancar. Lakukanlah latihan pernafasan berulang-ulang kali terutama latihan pernafasan yang telah diajarkan kepada anda saat anda mengikuti kursus senam kehamilan.

Minggu ke 38 kehamilan perkembangan bayi sudah sempurna hanya otak dan paru-paru bayi yang tetap terus berkembang bahkan sampai bayi lahir dan memasuki masa anak-anak. Hanya peningkatan lapisan lemak di bawah kulit bayi yang masih berkembang. Lapisan inilah yang akan mengatur kehangatan tubuh bayi. Berat bayi di minggu ini sekitar 3000-3050 gram dengan tinggi 49 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 39

Semakin anda mendekati masa melahirkan maka anda pun semakin merasakan suatu perasaan yang bercampur aduk antara khawatir dan bahagia. Perasaan inilah yang akan membuat anda terkadang menjadi sering melamun. Bahkan ada beberapa wanita yang sering

mengalami mimpi. Mimpi-mimpi yang terjadi di pada akhir kehamilan terasa lebih hidup dan lebih sering dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Mimpi ini bisa bermacam-macam, terkadang mimpi tentang proses kelahiran bayi, atau mimpi mengenai hal buruk atau bahkan anda mimpi “basah”.

Kejadian mimpi ini mungkin terjadi juga karena adanya perubahan hormon pada wanita dan adanya rasa bahagia menyambut kehadiran bayi mungil di tengah-tengah keluarga dan perasaan anda yang tidak dapat digambarkan lagi kalau anda akan segera menjadi seorang ibu. Selain ibu yang mengalami mimpi terkadang-kadang bapak pun akan mengalami mimpi, pada umumnya para bapak yang mengalami mimpi inilah berkaitan dengan kebahagian akan menjadi seorang ayah.

Rambut bayi anda lanugo sudah mulai menghilang. Selanjutnya bayi anda sudah cukup kuat untuk dilahirkan. Paru-paru bayi sudah cukup kuat untuk bisa menghirup udara luar. Organ dari bayi anda pun sudah terbentuk secara sempurna dan juga sudah siap untuk dilahirkan. Berat badan bayi 3200-3250 gram dengan tinggi sekitar 50 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 40

Saat-saat anda melahirkan sudah semakin dekat. Anda sudah semakin sering untuk mengunjungi dokter kandungan atau bidan anda untuk memeriksakan apakah sudah terjadinya pembukaan dan apabila sudah terjadinya pembukan maka diperiksakan juga udah sejauh mana pembukaan tersebut. Istilah pembukaan adalah saat mulut rahim cervix sudah membuka dan lebih lembut sebagai tanda persiapan kelahiran bayi.

Anda akan lebih sering mengunjungi dokter kandungan atau bidan anda untuk melakukan pemeriksaan rutin persiapan kelahiran dan juga pemeriksaan keadaan kesehatan bayi. Anda pun juga diharuskan aktif untuk memperhatikan mengenai kontraksi yang anda alami apakah sudah semakin sering dan lama dan memperhatikan pergerakan bayi anda di dalam kandungan. Apabila anda merasa pergerakan bayi anda mulai berkurang segeralah menghubungi dokter kandungan atau bidan anda karena hal ini pertanda kalau bayi anda harus segera dilahirkan.

Minggu ke 40 kehamilan sudah tidak terlalu banyak perkembangan terhadapa bayi karena bayi anda sudah siap dilahirkan. Seluruh organ tubuhnya pun telah berfungsi dengan baik. Rambut dan kukunyalah yang masih tetap tumbuh sampai lahir. Berat badannya di minggu ini 3400 gram dan tinggi badannya 51 cm.

Apabila sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan melahirkan anda tidak perlu khawatir masih ada saat untuk menunggu lahirnya bayi mungil anda. Ada beberapa kemungkinan bayi anda belum lahir salah satunya adanya kesalahan hitung pada saat anda berhenti menstruasi atau memang ada kemungkinan anda mengalami kehamilan yang lebih lama.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 41

Apabila sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan melahirkan anda tidak perlu khawatir masih ada saat untuk menunggu lahirnya bayi mungil anda. Ada beberapa kemungkinan bayi anda belum lahir salah satunya adanya kesalahan hitung pada saat anda berhenti menstruasi atau memang ada kemungkinan anda mengalami kehamilan yang lebih lama.

Pada saat ini yang dapat anda lakukan adalah memonotor kehamilan anda dan keamanan bayi anda di dalam kandungan anda. Dokter kandungan anda akan selalu memonitor pergerakan bayi, pernafasan dan jumlah ketuban di dalam kandungan anda. Apabila air ketuban bayi mulai berkurang mungkin dokter kandungan anda akan mengambil tidakan untuk induksi. Induksi adalah suatu tindakan untuk mempercepat proses kelahiran yaitu dengan cara pemberian obat yang merangsang kelahiran atau mengurangi ketuban (amoniocotomy).

Bayi anda sudah saatnya dilahirkan pada minggu ini bayi anda memang masih merasa nyaman di perut mamanya. Akan tetapi sudah saatnya bayi melihat ayah dan ibunya. Pada saat ini kepala bayi anda sudah di bawah pelvis dengan posisi siap lahir. Pada saat in rambut bayi lanugo sudah mulai rontok, mungkin akan ada rambut bayi pada beberapa bagian seperti di telinga dan punggung. Pada minggu ini berat badan bayi sudah 3500 gram dengan tinggi badan 52 cm.

Perkembangan Kehamilan Minggu ke 42

Saat inilah bayi anda sudah lahir. Semua kekhawatiran yang timbul pada saat kehamilan sudah sirna dengan melihat wajah mungil bayi anda dengan melihat jari jemari kakinya yang mungil adalah saat yang paling membahagiakan dalam hidup anda. Minggu ini adalah waktu yang tepat untuk mempraktikan semua hal yang telah anda baca selama kehamilan mengenai cara mengurus bayi, menyusui bayi.

Saat bayi anda lahir ke dunia mungkin bayi akan merasa bahwa dia berada di tempat lain dimana lebih banyak cahaya, lebih luas dan berisik. Di saat sehabis kelahiran bayi anda akan dilakukan beberapa pemeriksaan oleh dokter anak berkaitan dengan kondisi fisik dan fungsi organ tubuhnya. Pemeriksaan kesehatan ini yang dinamakan dengan Pemeriksaan Apgar.

Sumber: naya.web.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *