Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah – Di antara pembaca semua, mungkin sudah pernah mengalami disengat lebah, entah itu cuma sekali dalam seumur hidup. Termasuk saya pun pernah disengat lebah, rasanya sakit dan sama sekali tidak nyaman.

Ketika disengat lebah biasanya kita tak bergegas minta pertolongan medis. Karena umumnya pada berpikir, ah cuma sengatan lebah, nanti juga sembuh sendiri. Hal tersebut tak jadi soal kecuali kalau sengatan tersebut mengakibatkan alergi atau Anda disengat berkali-kali di beberapa titik tubuh Anda.

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah

Sengatan lebah bisa diobati dengan pertolongan pertama. Berikut ini Anda bisa melakukannya :

Cabut bekas sengatan

Oh sengatan lebah bisa dicabut to? Baru tahu saya,

Bisa dong…

Anda dapat mencabut sengatan di bagian kulit yg terkena sengatan dengan kuku atau benda pipih lainya, seperti pinset. Awas hati-hati, jangan menekan-nekan bekas sengatan yah, karena dikhawatirkan racun sengatan akan menyebar ke seluruh tubuh.

Cuci bekas sengatan

Langah selanjutnya, Cucilah bagian tubuh yang tersengat lebah menggunakan sabun. Setelah itu barulah Anda dapat mengoleskan salep antibiotik.

Gunakan es batu

Setelah sengatan lebahnya berhasil dicabut coba deh letakkan es batu di handuk kecil atau lap atau kain apapun, kemudian tempelkan di kulit yang bengkak karna tersengat lebah.

Berikan obat pereda nyeri

Berikan obat pereda nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau aspirin. Perlu diketahui, aspirin cuma boleh diberikan pada penderita usia diatas 16 tahun yah.

Periksa ke rumah sakit

Baru kemudian periksakan diri ke rumah sakit bila ternyata ada tanda-tanda alergi tergolong berat, Anda pun disarankan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan extra.

Nah demikian tadi cara Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah. Tentunya semua berharap jangan sampai kena sengat lebah ya, setidaknya artikel ini bisa menambah wawasan, bagaimana penanganan jika tersengat lebah.

Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa kembali di artikel yang lain.

Baca juga:

Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut, Lakukan Ini !
7 Tips Menghindari Stress, Nggak Sulit Kok


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *