Tanda Anda Mengalami Kebosanan

6 Tanda Anda Mengalami Kebosanan, Tapi Bukan Malas

Mengapa sepertinya Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di tempat tidur, berbaring dan tidak melakukan banyak hal akhir-akhir ini? Apakah Anda termasuk orang yang mudah lelah dan tidak ingin melakukan apa-apa? Apakah Anda melabeli perilaku semacam ini sebagai kemalasan belaka dan tidak lebih?

Sebenarnya ada banyak tumpang tindih antara kemalasan dan kelelahan yang dapat membuat sulit untuk membedakan antara keduanya. Burnout adalah keadaan negatif dari kelelahan emosional, fisik dan mental, yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan ketidakmampuan untuk mengatasinya.

Dan pada 2010, sebuah survei melaporkan bahwa sekitar 75% orang dewasa di Amerika Serikat saja telah mengalami gejala kelelahan, dengan lebih dari 40% kasus menjadi lebih parah. Sekarang, lebih dari sebelumnya, menjadi penting untuk mendidik dan lebih memahami sifat kelelahan.

6 Tanda Anda Mengalami Kebosanan

Berikut adalah enam tanda bahwa apa yang Anda alami saat ini sebenarnya bukan kemalasan, tetapi kelelahan.

1. Anda merasa terputus dari segalanya.

Apakah Anda menjalani gerakan setiap hari seolah-olah dengan autopilot? Apakah ada perasaan terus-menerus terlepas dari diri Anda sendiri? Jika Anda mengalami burnout, salah satu hal yang mungkin Anda alami, tetapi tidak begitu Anda sadari atau pahami adalah depersonalisasi.

Orang-orang yang mengalami depersonalisasi, paling sering mereka yang berjuang dengan trauma, melaporkan merasakan semacam mati rasa atau kekosongan emosional yang aneh seolah-olah mereka melihat kehidupan dari luar diri mereka sendiri. Mereka tidak merasa seperti diri mereka sendiri lagi. Mereka tidak merasa terikat oleh apa pun.

Dan mereka terus-menerus berjuang dengan rasa ketidakberdayaan dan ketidakmampuan yang luar biasa untuk mengambil kembali kendali atas hidup mereka.

2. Anda tidak lagi termotivasi.

Malas adalah sifat karakter. Dan sifat karakter cenderung tetap stabil dari waktu ke waktu. Orang yang malas tidak pernah merasa ingin mengerahkan upaya atau menerapkan diri pada berbagai hal.

Tetapi jika Anda dulunya memiliki motivasi diri dan pencapaian tinggi, sering unggul dalam bidang tertentu, dan baru-baru ini menjadi lelah, apatis, dan tidak termotivasi, kemungkinan besar Anda menderita kelelahan dan bukan kemalasan seperti yang dipikirkan kebanyakan orang.

3. Anda tidak lagi bersemangat.

Perbedaan yang jelas antara seseorang yang kelelahan dan seseorang yang malas adalah bahwa yang pertama memiliki hal-hal yang mereka sukai, tetapi sekarang mungkin berjuang untuk menemukan minat atau kesenangan lagi. Entah itu bakat, olahraga, atau hanya kinerja akademis, atau profesional Anda secara umum, kelelahan dapat menyulitkan Anda untuk melakukan hal-hal yang pernah Anda sukai atau sukai. Anda bahkan mungkin membenci atau membencinya karena seberapa banyak Anda bekerja terlalu keras dan mendorong diri Anda ke tepi jurang karenanya.

4. Anda menjadi murung dan mudah tersinggung.

Apakah Anda tiba-tiba menemukan diri Anda tajam dan mudah tersinggung? Apakah Anda sering merasa emosi di luar kendali saat ini dan tidak tahu mengapa? Moodiness dan iritabilitas adalah hal yang umum, tetapi sering diabaikan tanda-tanda kelelahan.

Jadi jika Anda mulai kesulitan mengendalikan emosi Anda, terutama ketika itu tidak pernah menjadi masalah bagi Anda, ini mungkin alasannya. Orang malas di sisi lain sangat kontras dengan ini, karena mereka sering sangat santai, santai, tenang dan tidak terpengaruh oleh hal-hal.

5. Anda telah mengabaikan perawatan diri Anda.

Salah satu tanda peringatan yang paling menyedihkan bahwa seseorang mungkin kelelahan secara emosional dan fisik adalah jika Anda mulai mengabaikan perawatan diri sendiri dan menarik diri secara sosial dari orang lain. Ada perubahan yang mengkhawatirkan dalam pola makan dan/atau tidur Anda.

Anda berhenti berusaha untuk merawat diri sendiri atau terlihat baik, dan Anda cenderung menghabiskan sebagian besar waktu Anda sendirian tanpa melakukan apa-apa, karena Anda begitu mudah lelah bahkan oleh tugas-tugas yang paling sederhana sekalipun. Perbedaan antara kelelahan dan kemalasan sangat mencolok dalam kenyataan bahwa Anda tidak selalu seperti ini.

6. Perubahan ini terjadi secara bertahap.

Akhirnya, tetapi mungkin yang paling penting, sesuatu yang harus Anda ketahui tentang burnout adalah bahwa burnout berkembang secara bertahap.

Jadi semua poin yang disebutkan sebelumnya; kehilangan minat dan motivasi, terutama pada hal-hal yang dulu kita sukai, merasa terlepas dari diri sendiri dan terputus dari segala sesuatu di sekitar Anda, menarik diri secara sosial dan mengabaikan perawatan diri Anda, tidak akan terjadi begitu saja dalam semalam.

Studi menunjukkan bahwa sebenarnya ada lima tahap utama kelelahan, masing-masing dengan tingkat keparahan yang meningkat. Fase bulan madu, timbulnya stres, stres kronis, kelelahan dan kelelahan kebiasaan. Banyak orang mulai mengalami gejala pada tahap kedua, ketika stres masih dalam jumlah sedang, tetapi optimisme, minat, motivasi, dan kinerja, mungkin sudah mulai menurun.

Dan pada saat Anda mencapai tahap kelima dan terakhir, kelelahan telah menjadi begitu melekat dalam hidup Anda sehingga kelelahan mental dan fisik yang terus-menerus menjadi lebih intens dan lebih sulit untuk diobati; membuat Anda lebih rentan terhadap depresi dan kecemasan. Menemukan tanda-tanda kelelahan lebih awal membuat Anda lebih mudah mendapatkan bantuan dan pulih darinya.

Itulah mengapa sangat penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kelelahan daripada hanya mengabaikannya sebagai kemalasan seperti yang cenderung dilakukan kebanyakan orang.

Jadi, jika Anda atau siapa pun yang Anda kenal mungkin menderita kelelahan mental atau emosional, jangan ragu untuk menghubungi profesional perawatan kesehatan mental hari ini dan membicarakannya dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.