Masa kehamilan adalah masa yang paling krusial, di mana ibu hamil harus menjaga kandungannya dengan baik, menghindari pantangan dan memperbanyak asupan makanan bergizi. Tentunya banyak hal yang ada dalam benak Anda semua yang sedang menjalani proses kehamilan, seperti; bolehkah ibu hamil minum es teh atau air dingin pada saat hamil? 

Terkait hal ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Ada banyak makanan & minuman yang harus dihindari selama masa kehamilan. Apakah es teh salah satunya?

Manfaat Es Teh Selama Kehamilan

Manfaat Minum Es Teh Selama Kehamilan

Dikutip dari laman hamilmaksimal.com, teh dianggap sebagai salah satu minuman favorit dan menyehatkan. Mengapa? Ada banyak manfaat dari teh yang Anda konsumsi, di antaranya:

Mengandung Antioksidan

Selama kehamilan, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan. Hal ini dapat meningkatkan radikal bebas di tubuh Anda. Teh mengandung sejumlah antioksidan yang baik yang dapat menjaga radikal bebas ini tetap ada dan mencegah kerusakan DNA. 

Menjaga Otak Sehat

Teh, dalam segala bentuknya, menjaga otak tetap sehat. Itu adalah sesuatu yang Anda butuhkan saat hamil. 

Minuman Sempurna untuk Wanita dengan Gestational Diabetes (GD)

Jika Anda memiliki diabetes gestasional, mungkin lebih baik membuang selada kopi dan memeluk teh! Tidak seperti kopi, teh tidak meningkatkan risiko GD selama kehamilan  

Jadi, seperti yang Anda lihat, konsumsi teh saat hamil bisa melakukan keajaiban bagi kesehatan Anda. Namun, jangan membuatnya menjadi makanan pokok Anda.

Efek Samping  Minum Teh Es Selama Kehamilan

Teh ini penuh dengan kafein. Terlalu banyak kafein dapat mempengaruhi kehamilan Anda dengan cara berikut:

Dapat Menyebabkan Keguguran

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan melalui teh bisa meningkatkan risiko keguguran. 

Berat Lahir Rendah

Jika Anda menyukai es teh, pastikan Anda membatasi asupannya. Terlalu banyak kafein dari teh dapat menyebabkan berat lahir rendah pada bayi Anda.

Insomnia

Tidur nyenyak adalah komoditas yang mahal, terutama saat Anda hamil. Banyak wanita mengalami insomnia selama kehamilan. 

Dapat Menyebabkan Anemia

Banyak wanita cenderung menjadi anemia saat mereka hamil. Hal ini karena tubuh mereka membutuhkan sejumlah zat besi tambahan selama periode ini.

Anda membutuhkan makanan kaya zat besi selama kehamilan Anda. Tapi es teh bisa menghambat penyerapan zat besi di tubuh Anda, membuka jalan bagi anemia.

Catatan:

Pastikan asupan teh harian Anda tidak melebihi 200 miligram per hari, dan Anda akan baik-baik saja! Jangan khawatir Menikmati satu gelas es atau dua es teh setiap hari tidak akan membahayakan. Sebenarnya, teh adalah suatu pilihan yang lebih baik daripada kopi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *